Masmindo Gelar Pelatihan Kapasitas Guru Lingkar Tambang, Kadis Pendidikan Beri Apresiasi

KABARDEDIKAN.COM, Belopa Luwu – Setelah menggelar pelatihan para Jurnalis lokal Luwu beberapa hari lalu, PT Masmindo Dwi Area kembali gelar pelatihan bagi Guru SD se – Latimojong di Hotel Subur selama dua hari 24 – 25 September 2022.

Kegiatan ini merupakan salah bentuk pemberdayaan masyarakat Masmindo dalam aspek pendidikan. Tujuannya bagaimana meningkatkan kapasitas tenaga didik atau guru di Luwu terutama sekolah di sekitar tambang.

Peserta dalam pelatihan ini merupakan Guru dan Kepala Sekolah di lingkar tambang Masmindo: SDN 230 Ulu Salu, SDN 41 Boneposi, SDN 662 Salu Bulo, SDN 43 Rante Balla dan SDN Makalua.

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Masmindo Dwi Area Mustafa Ibrahim menuturkan, kenapa hanya lima Sekolah Dasar ( SD) diikutkan dalam pelatihan ini?, karena lima sekolah ini kata Mustafa masuk dalam lingkar tambang atau istilah lainya ring satu.

  IWO Luwu Gelar Pelatihan Jurnalistik, Basmin: Jangan Takut Hadapi Wartawan, Wartawan Kritik dengan Niat Baik

” Masa kita memperbaiki lebih jauh kalau ada yang dekat kita belum bagus. Kegiatan ini bertahap,” tutur Mustafa.

Ia juga menambahkan dalam setiap kegiatan, tim di Masmindo melakukan mapping terlebih dahulu. Sama halnya kegiatan hari ini lanjut Mustafa, ” Kita mesti melihat apa yang diperlukan, dikembangkan dalam pendidikan untuk membantu pemerintah.”

” Harapan saya semoga apa yang di dapatkan peserta guru hari ini bisa bermanfaat. Apa yang didapatkan bisa diterapkan di sekolah sehingga hasil belajar mengajar juga lebih baik,” tuturnya.

Sementara itu Kadis Pendidikan Luwu Hasbullah bin Mush menyampaikan jika kegiatan ini merupakan penyegaran bagi para tenaga pendidik yang berada di daerah terpencil, sehingga menurut Hasbullah program ini bisa menambah pengetahuan dan skill mengajar bagi para guru, terutama di daerah terpencil.

” Saya kira PT Masmindo tidak salah melaksanakan kegiatan seperti ini. Program begini yang diharapkan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Luwu agar bagaimana meningkatkan kapasitas tenaga pendidik di daerah terpencil,” ucapnya.

  Dinas PUPR Luwu Gelar Ekspose Hasil Finalisasi Dokumen Andal

Ia juga mengatakan meskipun ini kegiatan awal, Hasbullah mengapresiasi program ini, ” Ini kegiatan pertama kegiatan uji coba, tidak menutup kemungkinan akan digelar selanjutnya. Saya sangat bersyukur PT Masmindo menggelar kegiatan ini,” tambahnya.

Ia mengakui selama dirinya menjabat sebagai Kadis Disdik Luwu belum ada perusahaan lain menggelar kegiatan serupa. ” Harapan saya perusahaan lain seperti BMS dan perusahaan lain menggelar kegiatan seperti ini agar sama-sama meningkatkan kapasitas tenaga pendidik dan Pendidikan di Luwu.”

Senada Kadis Pendidikan, Misna salah satu peserta pelatihan ini juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Masmindo. Karena bagi Misna, Masmindo telah cukup berkontribusi dalam aspek pendidikan di area tambang.

  Hut Ke 3, Poroscelebes.com Salurkan Bantuan Pangan di Yayasan Panti Asuhan Darul Istiqamah Cilallang

” Alhamdulillah Masmindo itu bermasyarakat menurut saya, turut membangun khususnya sekolah. Kami yang di Salubulo itu dapat biaya transportasi untuk guru-guru. Selain itu Masmindo juga memberi keperluan siswa seperti tas, buku, dan alat tulis,” Aku Misna

Misna kepada kami menuturkan juga jika Masmindo telah banyak membantu dalam aspek pendidikan. Ia mengatakan jika Masmindo tidak hanya menggenjot pemberdayaan tenaga didik, namun juga sarana prasarana sekolah di lingkar tambang.

” Alhamdulillah cukup membantu di sekolah kami . Karena selain kegiatan ini, Masmindo membantu kerusakan di sekolah kami seperti papan, palfon masmindo yang perbaiki,” ucap Guru SDN 662 Salu Bulo ini.

Ia berharap Masmindo bisa menggelar kegiatan serupa dengan peserta jauh lebih luas lagi tidak hanya berada di ring satu tetapi juga Luwu secara umum.(Jayanto)

Komentar