Peringati HKGN, Ratusan Siswa SD di Kabupaten Luwu Sikat Gigi Bersama Kejar Rekor Muri

KABARDEDIKAN.COM, Belopa Luwu – 500 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Luwu menggelar sikat gigi bersama di lapang Andi Djemma Belopa, pada Senin, 12 September 2022. Kegiatan ini memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN).

Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak digelar di seluruh Indonesia diinisiasi Persatuan Dokter Gigi Indonesia atau ( PDGI). Rencananya kegiatan ini mengejar rekor muri sikat gigi bersama terbanyak di Indonesia.

Selain memperingati HKGN ini, kegiatan ini sebagai bentuk edukasi kepada anak sejak dini bagaimana merawat sikat gigi dengan baik dan benar. Kegiatan yang diikuti 500 siswa-siswi di Kabupaten Luwu ini tampak riang menggelar kegiatan tersebut.

Bupati Luwu dalam sambutannya membuka acara tersebut mengatakan bagaimana pentingnya menjaga kesatuan gigi. Dan memang seharusnya diberikan edukasi anak-anak sejak dini.

” Merawat gigi memang seharusnya sejak dini. Karena menurut saya, salah satu sumber penyakit adalah gigi. Paling tidak ketika merawat gigi, mulut kita tidak bau,” katanya

Basmin Mattayyang juga menyampaikan agar kegiatan ini tidak sampai di sini saja. ” Pak Kadis, (Kadis Pendidikan) Kegiatan ini tidak sampai di sini. Bagaimana kegiatan ini ada kelanjutannya,” tuturnya.

” Bagaimana mengajarkan anak-anak sejak dini mengajarkan merawat gigi setelah kegiatan ini adalah tugas Kadis Pendidikan,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya Bupati Luwu mengapresiasi kegiatan ini, ia berharap kegiatan ini merupakan awal menjaga kesehatan anak sejak dini, ” Terima kasih dokter gigi dan Persatuan Gigi Luwu, semoga ini kegiatan ini, awal bagi anak-anak kita menjaga kesehatan,” harapnya.

Atas kegiatan yang cukup meriah ini diramaikan ratusan siswa-siswi dan Guru di Kabupaten Luwu tampak berjalan lancar, siswa diberi peralatan sikat gigi dan pasta gigi.

Bagi guru juga diberikan sebuah banner edukasi merawat gigi kepada Kepsek dan guru untuk dipasang di sekolah. Ada 500 siswa yang ikut kegiatan tersebut, 9 Kecamatan dan 44 sekolah.

Tampak hadir dalam kegiatan itu Direktur Rumah Sakit Batara guru dr. Daud Mustakim, Kadis Kesehatan dr. Rosnawary, Kadis Pendidikan Hisbullah bin Mush, dan para dokter gigi Luwu yang tergabung PDGI mendampingi siswa, dan sejumlah guru dan kepala sekolah.(Tim)

Komentar