Desa Mario Menggelar Musdes RKPDes untuk Tahun 2023

KABARDEDIKAN.COM, Mario Luwu — Dalam rangka untuk melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif, berkesinambungan serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa perlu dilakukan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) setiap tahunnya.

Menyikapi hal tersebut, Badan Musyawarah Desa (BPD) Mario melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2023 diaula Kantor Desa setempat, Jumat, 26/08/22.

Dalam Musdes kali ini dihadiri oleh Kepala desa Mario Muhlis beserta perangkat, BPD, Bbainsa, Pendamping Desa Iksan, SE, Rina, ST, Kadus, Ketua RT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Perwakilan Kelompok Perempuan. 

Kades Mario Muhlis mengatakan bahwa musdes ini adalah agenda rutin tahunan dalam penyusun rencana kerja pemerintah desa dengan beberapa agenda penting terkait penyusunan RKPDesa Mario Tahun Anggaran 2023.

“Musdes perencanaan pembangunan ini untuk menampung usulan terkait kebutuhan masyarakat, terlebih di bidang pembangunan berkelanjutan. Nantinya akan dimasukkan ke dalam RKP desa,” ucapnya.

Selanjutnya Semua usulan akan kita akomodir, dan akan disinkronkan dengan rencana pembangunan jangka menengah desa

“Selama dua tahun pemdes tidak bisa melaksanakan kegiatan secara efektif, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru nusantara. Oleh sebab itu, semoga tahun depan (2023) nanti semua sudah kembali normal, sehingga seluruh pelaksanaan pembangunan berjalan lancar,” ungkapnya.

Musdes saat ini, ada 2 (dua) agenda penting, diantaranya meliputi perencanaan pembangunan dalam rangka penyusunan RKP Desa Mario tahun 2023, dan penetapan tim penyusunan rencana kerja pemerintah desa tahun 2023.

“Alhamdulillah, kedua agenda telah disetujui dan ditetapkan pada musdes,” pungkas Muhlis

Sementara Pendamping desa Kecamatan Ponrang Iksan, SE Menyampaikan bahwa kehadiran kami setiap kegiatan di desa memastikan setiap kegiatan telah dilalui, mulai dari tahapan perencanaan, pembahasan, penetapan dan pelaksanaan serta pelaporan.

“Memberikan edukasi sosialisasi dasar hukum yang kami gunakan”ungkap Iksan.

Lanjut Iksan menyampaikan bahwa hari ini tahapan pembentukan tim penyusun RKPDes tahun 2023.

“tahapan selanjutnya, usulan untuk dibahas, mana yang dianggap prioritas yang yang merupan visi misi kepala desa untuk disepakati bersama untuk dilaksanakan.”ucapnya

Dalam kesempatan ini, dibahas dan disusun beberapa pembangunan fisik yang belum terealisasi di tahun 2022 dan penambahan usulan baru rencana pembangunan desa untuk tahun anggaran 2023.

Tim Penyusun yang nantinya akan bekerja dalam hal verifikasi keberadaan sasaran rencana pembangunan desa Tahun Anggaran 2023 juga dibentuk dalam Musdes ini. Disepakati dalam kesempatan tersebut.(Redaksi)

Komentar