Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pasar Rakyat Tarue, Ini Pesan Bupati Luwu Utara

KABARDEDIKAN.COM, Luwu Utara – Bupati Luwu Utara melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Rakyat di Desa Buangin Kecamatan Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara, Sabtu (6/8/2022).

Pembangunan pasar rakyat Kecamatan Sabbang Selatan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Lutra melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) untuk terus meningkatkan geliat roda perekonomian Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang dikomplek Pasar Tarue.

Hari ini mulai dibangun dengan anggaran sebesar Rp 2.730.274.309 dan luas bangunan 17×32 meter, yang anggarannya berasal dari Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Perdagangan RI dari APBN TA 2022.

“Kami memastikan begitu bangunan ini selesai akan langsung bisa ditempati oleh pedagang. Dan alhamdulilah paguyuban pedagang menunggu-nunggu pasar baru ini. Karena sejak awal kita terus memberikan sosialisasi,” sebutnya.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, dalam sambutannya berharap dengan dibangunnya pasar rakyat Tarue akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten di Kecamatan Sabbang Selatan.

“Alhamdulilah, setelah melalui proses yang panjang sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku, akhirnya pembangunan Pasar Rakyat Tarue Desa Buangin Kecamatan Sabbang Selatan, ini bisa dilaksanakan,” kata Indah Sapaan akrab Bupati perempuan duz periode di Sulsel ini.

Indah menambahkan, pembangunan Pasar Rakyat Tarue bertujuan menunjang dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, Pemkab Lutra ingin menciptakan kondisi pasar yang nyaman sebagai tempat berinteraksi antara penjual dan pembeli.

“Keduanya (penjual dan pembeli) harus merasa nyaman saat berinteraksi. Upaya kami tentunya dengan cara membangun infrastrukrur pasar yang bagus. Selain itu pasar juga harus bersih, tidak becek dan tidak berbau. Saya berharap nantinya para pedagang bisa menjaga kebersihan pasar agar tercipta suasana yang nyaman sehingga semakin menarik minat pembeli,” tegas Bupati yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat.

Dijelaskannya, pembangunan PasarRakyat Tarue menggunakan desain dan konsep yang modern. Mendatang pasar ini akan dikembangkan pemanfaatanya menjadi lebih luas lagi.

“Saya bermimpi bahwa Pasar Kanigoro ini nantinya punya kualitas dan keunikan yang tidak kalah dengan pasar modern, pasar yang bersih dan nyaman. Keungulan pasar tradisional dibanding supermarket adalah hubungan interaksi kemanusiaanya, sehingga tercipta hubungan batin yang dekat antara penjual dan pembeli,” jelasnya.(yustus)

Komentar