Meriahnya Peringatan 1 Muharram di Kecamatan Ponsel

Peserta Kontingen Pawai 1 Muharram se-kecamatan Ponrang Selatan

KABARDEDIKAN.COM, Tob’ia Luwu– Ratusan warga Ponrang Selatan menggenakan pakaian putih putih sambil berjalan berkelompok di Desa Tobi’a, Sabtu pagi, 30 Juli 2022.

Rombongan tersebut merupakan kontingen pawai Desa dalam memperingati 1 Muharram 1444 Hijriah tahun 2022.

Kegiatan ini berlangsung di Desa Tobi’a sebagai tuan rumah dari kegiatan tersebut. Kontingen berasal dari seluruh Desa dan Lurah di Kecamatan Ponrang Selatan.

Diketahui ada 12 Desa dan 1 Lurah ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dikabarkan juga berbagi lomba yang akan dilaksanakan untuk mengisi Tahun Baru Islam ini.

10 Lomba dalam kegiatan ini. 5 diantaranya tingkat anak-anak seperti, lomba azan, wudhu, sholat berjamaah, Tartil, dan Hifzil.

Tingkat remaja dan Dewasa: tilawah, penyelenggaraan jenasah, Mars BKMT, Zikir dan Shalawat, qasidah modern dan klasik, dan kaligrafi.

Camat Ponrang Selatan Abdi Hamid,SE Memberikan sambutan

Camat Ponrang Selatan Abdi Hamid mengapresiasi kegiatan ini, dalam kesempatannya ia mengungkapkan jika kegiatan seperti ini patuh diapresiasi dan dimeriahkan. Menurutnya mayoritas umat Islam saat ini lebih memeriahkan tahun baru Masehi daripada 1 Muharram.

“Bukan rahasia umum, jika kita lebih memeriahkan tahun baru Masehi daripada 1 Muharram. Padahal tahun baru inilah patuh kita meriahkan dan peringati,” ucapnya dalam sambutannya.

Lebih lanjut, ia mengatakan sebagai penduduk dengan umat Islam dominan. Sudah sepatutnya kita peringati tahun baru Islam ini. Menurutnya, selama ini mayoritas umat Islam lebih mengorbankan materi dan waktu mereka pada tahun baru Masehi.

“Bukan rahasia umum lagi, tahun baru Masehi selalu ramai daripada tahun baru Islam. Kita rela keluar banyak materi. Kita buang sia sia hanya untuk tahun baru Masehi,” ungkap Abdi.

Camat Ponrang Selatan juga mengatakan seharusnya sejak dini kita edukasi anak anak kita. Ajak generasi kita untuk mengenal dan meramaikan 1 Muharram.

Di akhir sambutannya juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh panitia kegiatan. Pasalnya mereka sangat tanggap dan cepat dalam menyediakan dan menyusun kegiatan tersebut.

Demikian tuan rumah saat ini, Pemerintah Desa To’bia. Yang menjadi fokus lokasi kegiatan tersebut. Perlu diketahui, sebelumnya kegiatan ini terakhir kali dilaksanakan sebelum Pandemi Covid-19 sehingga sempat tertunda 2 tahun lamanya.

Dari informasi yang diperoleh juga, jika kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun di Kecamatan Ponsel, Bagi Desa atau Lurah yang nanti menjadi Juara Umun dapat menjadi tua rumah dalam 1 Muharram berikutnya.

Hal tersebut dipertegas pula Camat Ponrang Selatan jika dirinya masih menjabat sebagai Camat di Kecamatan Ponrang Selatan akan menginisiasi zikir di seluruh Mesjid Kecamatan Ponrang pada malam 1 Muharram.

“Semoga saya dan Pak KUA masih menjabat di sini. Kedepan jika setiap 1 Muharram, semua Mesjid-Mesjid malamnya kita adakan zikir bersama,” imbuhnya.

Kegiatan peringatan 1 Muharram 1444 ini juga dihadiri Ketua BKMT Luwu, Kepala KUA Ponrang Selatan, Para Kades dan Lurah Kecamatan Ponsel dan warga sekitar.

Kegiatan tersebut ramai dan meriah diawali dengan Pawai bersama start di desa Jenne Meja ke Desa To’bia. Para kontingen pawai setiap desa menampilkan berbagai yel-yel unik dan berpakaian putih. Ibu-ibu yang tergabung dalam kontingen tersebut tanpa semangat meski dalam keadaan hujan dan kemudian panas.

Tak kalah semangatnya, masyarakat Desa To’bia juga ikut andil dalam peringatan 1 Muharram ini. Mereka rela menyediakan aneka minuman dan makanan ringan kepada peserta pawai yang melintas depan rumah mereka.(Jy/Bas)

Komentar