Bersama UKPBJ Luwu, Dinas PUPR Ikuti Bimbingan Teknis Jasa Konstruksi

Foto : Ariansyah

KABARDEDIKAN.COM, Makassar, Sul-Sel —- Guna meminimalisir resiko yang kemungkinan bisa terjadi dalam proses pengadaan barang jasa pemerintah, DPD Sul-Sel Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) berkolaborasi dengan IAPI Kab. Luwu menggelar Bimbingan Teknis dan Peningkatan Kapasitas bagi pelaku kegiatan Jasa Konstruksi.

Kegiatan ini, selain di ikuti Bagian Unit Kegiatan Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) dan Dinas PUPR Luwu, juga turut hadir dari Inspektorat Kab. Luwu.

Acara yang dipandu dari pihak Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut digelar di Swiss Bell Hotel Makassar, selama 2 hari, Selasa hingga Rabu (26-27/07/2022).

Kepala Dinas PUPR Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT saat memberikan sambutannya mengatakan jika pemerintah daerah kabupaten Luwu melalui Dinas PUPR di tahun 2022 telah mendapat alokasi anggaran yang cukup besar baik dari Bantuan Keuangan Propinsi Sulawesi Selatan, maupun melalui bantuan hibah.

“Secara hitungan waktu normal, tentu anggaran dengan volume konstruksi yang besar itu kemungkinan tidak akan tuntas pada tahun anggaran berjalan”, ucap kadis Ikhsan.

Karena itu, pihaknya mendalami kemungkinan pelaksanaan pekerjaan dengan menggunakan dua tahun anggaran yang dibenarkan oleh regulasi.

“Untuk pekerjaan ini, kami mendapat informasi jika selain dikenal istilah kontrak tahun jamak, juga ada namanya kontrak bersyarat”, ujarnya.

Karena itu, mantan Kabag UKPBJ Luwu tersebut berharap, dengan kegiatan Bimtek Pengadaan Jasa Konstruksi yang diikuti bersama sejumlah PPK di dinasnya bisa menambah referensi dan pemahaman terkait kelengkapan dokumen kontrak yang di persyaratkan.

“Saya berharap, selama satu dua hari kedepan, kita bisa menyamakan persepsi dan pemahaman terkait dokumen kontrak yang bisa digunakan sehingga proses pelaksanaan pekerjaan sudah bisa dimulai”, ucapnya.

Di akhir sambutan, kadis Ikhsan yang juga ketua IAPI Kab. Luwu menitip harapan kepada pengurus DPD IAPI Sul-Sel, agar kegiatan Bimtek seperti ini bisa diagendakan di kabupaten Luwu.

“Bimtek seperti ini nantinya juga akan kita gelar dengan melibatkan seluruh OPD terutama yang mengelola kegiatan teknis”, ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan Bimtek Jasa Konstruksi ini menghadirkan nara sumber dari ahli pengadaan, seperti Atthur Halik Razak dan Sudirman.

Selain itu, juga hadir Muh. Alfian Amri, ketua DPD IAPI Sul-Sel, yang juga Kepala Inspektorat Kab. Maros.(Rilis : mus_95)

Komentar