Ini Harapan Bupati Indah Putri Indriani dalam Pemilihan Duta Anak

Indah Putri Indriani Bupati Luwu Utara Memberikan Arahan Pada Duta Anak

LUWU UTARA, KABARDEDIKAN.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menggelar pemilihan Duta Anak Kabupaten Lutra 2022, Kamis (23/6/2022).

Kegiatan tersebut bertempat di Aula Lagaligo Kantor Bupati, Jalan Simpurusiang Kelurahan Bone Tua Kecamatan Masamba.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Luwu Utara, Andi Zulkarnaen mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mengembangkan dan memenuhi hak partisipasi anak dalam mengawal Kabupaten Layak Anak.

“Duta anak ini nantinya akan menjadi garda terdepan yang mempelopori tentang pemenuhan hak anak dan juga pencegahan kekerasan pada anak terutama di wilayah Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang (Lutra, red). Mereka memiliki peran sebagai Pelopor dan Pelapor (2P),” sebutnya.

Menurutnya, pelopor tersebut akan membantu mengatasi permasalahan anak yang terjadi di wilayahnya dan menjadi pelapor yang berkaitan dengan pemenuhan anak melalui berbagai macam saluran yang disediakan pemerintah, sehingga dapat mencapai kesejahteraan anak di wilayah Luwu Utara.

“Pemilihan duta anak tersebut dilalui dengan proses yang ketat. Peserta diambil dari masing-masing kecamatan yang kemudian diseleksi sehingga dipilih sebagai empat juara dan sisanya sebagai Duta Pendidikan, Duta Kebudayaan dan juga Duta Persahabatan, dan terpilih juara terbaik yakni, Aimee Jehova Jirah dari Kecamatan Masamba. Selain Aimee juga ada Muhammad Fahri Akbar dari Kecamatan Bone-Bone, Airin Nurul Aqilah dari Malangke Barat serta Dewa Naegara dari Kecamatan Sabbang
Selatan,” urainya.

Untuk indikator penilaian pada pemilihan ini, Andi Zulkarnaen menuturkan, terdapat kurang lebih 6 poin penilaian yakni pengetahuan umum, penguasaan tentang 2P, penguasaan tentang konvensi hak anak, public speaking, prestasi yang telah diraih serta pengalaman berorganisasi.

” Sementara Bupati Luwu Utara dalam sambutannya menaruh harapannya, duta anak yang terpilih adalah mereka yang bisa bekerja sama dan berkontribusi, baik dengan forum anak demi mengawal Kabupaten Luwu Utara sebagai Kabupaten Layak Anak,” harap BupatiIndah Putri Indriani.

Bupati, juga dengan tegas berharap kepada stakeholder terkait untuk selalu melibatkan dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

” Indah Bupati perempuan di Sulsel dua periode ini menegaskan kepada seluruh stakeholder untuk melibatkan forum anak dalam kegiatsn yang dilaksanakan sebagai bentuk keterlibatan dalam pembangunan,” tegasnya.

Untuk diketahui, kegiatan pemilihan duta anak ini rutin digelar setiap tahunnya. Nantinya, juara 1 pada pemilihan duta anak ini akan dipilih untuk mewakili Kabupaten Luwu Utara ke tingkat Provinsi.

“Buat anak-anak yang di luar sana, kalian harus percaya sama diri kalian sendiri dan jika kalian butuh bantuan, bisa hubungi DP3AP2KB untuk melakukan laporan. Tetap semangat anak-anakku semua,” pesan Indah.(yustus)

Komentar