BPJS Cabang Palopo Gelar Sosialisasi JKN-KIS di Desa Padang Kalua

Kabardedikan.com, Walmas – BPJS Kesehatan Cabang Palopo adakan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Balai Desa Padang Kalua, Rabu 8 Juni 2022.

Dengan mengusung tema “Pelayanan Desa Kecamatan Terpadu (PDKT)”, Kegiatan tersebut merupakan salah satu usaha dalam memaksimalkan pelayanan ke peserta sampai ke desa-desa.

Dalam sosialisasi itu pihak BPJS Kesehatan Cabang Palopo menyampaikan jika kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan, pendaftaran, memperbarui data peserta, dan mengingatkan peserta untuk melakukan pembayaran atau melunasi tunggakan iuran JKN-KIS.

Kegiatan ini juga memaksimalkan informasi tentang Program JKN-KIS kepada warga di desa dan kecamatan yang terkendala jarak untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan.

Jadi, pihak BPJS langsung turun ke lapangan istilahnya jemput bola, agar dapat memaksimalkan pemberian pelayanan, perluasan peserta bagi peserta KIS-JKN.

Dari informasi pihak BPJS, Desa Padang Kalua merupakan desa pertama yang dikunjungi dalam kegiatan PDKT ini. Selanjutnya akan disusun jadwal PDKT ke desa dan kecamatan lain karena kegiatan tersebut secara rutin setiap pekan

Sementara itu, Kepala Desa Padang Kalua M.Nasir menyampaikan antusiasnya mewakili masyarakat desa atas kedatangan Tim PDKT dari BPJS Kesehatan Cabang Palopo.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah hadir, sehingga pertanyaan tentang Program JKN-KIS dapat langsung ditanyakan oleh warga,” ucap Kepala Desa.

Memang ada hambatan bagi kami kata M. Nasir, ” Di sini untuk langsung ke kantor agak sulit, karena akses jalan yang belum sepenuhnya memadai dan jarak tempuh yang lumayan jauh, kurang lebih butuh waktu sekitar 1 jam,” jelas M. Nasir.

M. Nasir pun mengimbau kepada warga desa Padang Kalua untuk dapat berkumpul di Balai desa sehingga dapat berinteraksi langsung dengan Tim BPJS Kesehatan yang hadir.

Ia menyebutkan bagi masyarakat yang ingin mendaftar menjadi peserta baru JKN-KIS agar dapat menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Syarat-syarat tersebut adalah fotokopi KTP dan KK.

“Jadi saya berharap kepada seluruh warga yang belum hadir di balai Desa ini minta tolong diberi tahu. Saya harap permasalahan daftar serta kendala terkait Program JKN-KIS yang selama ini masih jadi pertanyaan silahkan tanyakan langsung karena kita ke kabupaten terlalu jauh dan menyita waktu,” tutup Kades Padang Kalua.

ditambahkan kegiatan PDKT ini terus direncanakan akan terus dijalankan ke desa dan kecamatan lainnya demi memaksimalkan sosialisasi kepada Peserta JKN-KIS.(Hk)