PT Masmindo Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia Tanam 534 Pohon Mangrove

Kabardedikan.com, Belopa Luwu – Sebagai perusahaan tambang sejak 1998 memegang izin di tanah Luwu, PT Masmindo berupaya berkontribusi pada kelestarian lingkungan.

Baru-baru ini PT Masmindo melakukan penanaman Mangrove di area Pelabuhan Tadette dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia yang jatuh setiap 5 Juni.

KTT & Site Manager Masmindo Mustafa Ibrahim dalam sambutannya menyampaikan “Inisiatif kami dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia ini adalah bentuk komitmen Masmindo yang ingin menerapkan kaidah pertambangan yang baik dalam operasinya,” katanya dilansir dari keterangan release press PT Masmindo, Minggu 5 Juni 2022.

Harapan Masmindo, Kata Mustapa, “Semangat pelestarian lingkungan ini bisa disambut positif dan terus dilanjutkan bersama-sama pihak terkait, terutama warga masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Acara ini dihadiri Camat Belopa Makkawaru, Kapolsek Belopa Iptu Marino, Danramil Belopa Kapten Czi Syarifuddin, Kepala Teknik Tambang (KTT) & Site Manager Masmindo Mustafa Ibrahim, anggota Polsek dan Koramil Belopa, Karang Taruna dan warga masyarakat Desa Senga Selatan, Komunitas Pecinta Mangrove Luwu (KPA), serta sejumlah karyawan Masmindo.  
 
Sebelum kegiatan penanaman Mangrove tersebut, diawali dengan gerakan kebersihan di area penanaman yang dilakukan oleh semua partisipan sebanyak lebih 70 peserta.

Di acara penanaman itu, Masmindo bersama-sama pejabat dan warga setempat beserta para anggota KPA berhasil melakukan penanaman 534 pohon. Kegiatan tersebut berlangsung dari pagi hingga menjelang siang hari.

Bibit Mangrove sendiri berasal dari tempat pembibitan mangrove yang dikembangkan dan dikelola KPA di Desa Senga Selatan.

Selain penanaman mangrove, direncanakan sejumlah kegiatan dilakukan Masmindo selama “Pekan Lingkungan Hidup Masmindo” berlangsung 5-12 Juni 2022 nanti.

Kegiatan-kegiatan itu ialah apel lingkungan dan gerakan kebersihan oleh karyawan dan kontraktor Masmindo di area Camp dan Kantor Belopa, lomba foto lingkungan, quiz/games tentang lingkungan, podcast lingkungan bersama KPA dan sejumlah pihak lainnya, serta pembagian bibit gratis ke 4 desa sekitar tambang yang terdiri atas tanaman suren dan tanaman buah-buahan.  

Dikabarkan Masmindo pada 21 Maret 2022 lalu bersama pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Luwu telah mencanangkan “Gerakan Sejuta Pohon” yang bertepatan Hari Hutan Internasional dan Hari Air Sedunia. Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya dalam kelestarian lingkungan.

Lebih dari 15.000 bibit saat itu didistribusikan sebagai langkah awal. Inisiatif pelesetan lingkungan tersebut kemudian dilanjutkan dengan dimulainya kegiatan penanaman mangrove yang secara simbolis dilakukan Bupati Luwu dan Direktur Utama Masmindo pada 22 April 2022 lalu, bertepatan dengan Hari Bumi 22 April.(*)