Gelar Donor Darah Songsong HUT Bhayangkara, Polres Toraja Utara Gandeng PMI Palopo

TORAJA, KABARDEDIKAN.COM – Polisi Resor (Polres) Toraja Utara (Torut) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palopo menggelar donor darah secara massal dalam rangka menyongsong Hari Bhayangkara ke-76, yang dipusatkan di Aula Mapolres Toraja Utara, Selasa (7/6/2022).

Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso mengatakan pada media ini disela-sela pelaksanaan donor darah bahwa, kegiatan tersebut diikuti seluruh jajaran Polres Torut dan anggota Bhayangkari serta TNI.

“Kegiatan sosial kemanusiaan ini merupakan agenda dalam menyongsong Hari Bhayangkara ke-76 pada 1 Juli 2022 kedepan,” sebut Kapolres.

Selain dalam rangka menyambut hari Bhayangkara, lanjut dia, bahwa kegiatan sosial dengan donor darah itu juga bertujuan untuk menanamkan kepada anggota Polres dan TNI agar dapat memberikan sumbangsih dalam hal kebutuhan pasokan darah. Pasalnya, darah merupakan bagian penting dari manusia.

“Kami berharap kegiatan donor darah dapat membantu ketersediaan darah di PMI Kota Palopo. Dengan demikian, diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” ucapnya.

Kapolres menambahkan bahwakami akan melakukan kegiatan donor darah dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76. Dan kami mengharapkan masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini,” jelas Eko panggilan akrab Kapolres Torut.

Dalam pelaksanaan kegiatan sosial itu dilaksanakan melalui proses asesmen medis yang ketat. 

Menurutnya, tidak semua anggota dapat melaksanakan donor darah, sebab bergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan dari masing-masing anggota. 

Nah, tentu sebelum donor darah, terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatan dengan ketat.

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dilakukan juga penerapan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan.

“Pada pelaksanaan donor darah, yang pasti penerapan protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat,” sebutnya.(megasari)