Luwu Utara Raih WTP 10 Kali Berturut-turut, Bupati Sampaikan Terima Kasih

LUWU UTARA, KABARDEDIKAN.COM – Selama 10 (sepuluh) kali berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan. Dengan capaian ini, Pemkab Lutra raih penghargaan dari Kementerian Keuangan dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sulswesi Selatan.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan, penghargaan opini WTP ejak 2013 ini bukti bahwa, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lutra telah mereformasi diri sejak lama.

“Saya sampaikan terima kasih pada kawan-kawan ASN di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang yang sudah bekerja cukup keras. Kalau tidak salah, sejak 2013 kita bisa raih WTP dan berturut-turut selama 10 kali. Tentu ini menggembirakan,” sebut Indah Putri Indriani melalui via whatsapp kepada media ini, Selasa (17/5/2022).

Penyampaian opini WTP dilaksanakan Kepala BPK perwakilan Sulsel di Makassar, Paula Henry Simatupang pada acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHD) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021.

Usai menerima LHP LKPD TA 2921 denfan capaian opini WTP, Bupati menyampaikan terkmakasih kepada semua yang telah bekerja keras dalam menyajikan laporan keuangan secara wajar sesuai sistem akuntansi yang berlaku.

” Ini semua menjadi pemicu agar selalu bisa mengelola keuangan dengan tanggung jawab, transparan dan akuntabel,” ucap Indah.

Apalagi selama dalam kondisi pandemi. Semua harus mengerti tugas pokok dan fungsi, serta prioritas pembangunan di Bumi Lamaranginang julukan Luwu Utara.

” Dalam kondisi pandemi yang mulai menurun, dan kita harus melakukan ‘Adjustment’ di mana-mana. Tapi harus tetap bisa memiliki kredibilitas yang tinggi,” tegasnya.

Sementara itu,” Paula Henry Simatupang Kepala BPK RI Sulsel mengatakan bahwa, pemberian opini WTP bagi pemerintah daerah adalah tugas konstitusi BPK dalam rangka transparansi,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Lutra Armiadi, Inspektur Muchtar Jaya dan Kala BPKPD Baharuddin Nurdin.(yustus)