Pasca Libur Lebaran, Kapolres Eko Suroso Pantau Kepadatan Objek Wisata di Bumi Pongtiku

TORAJA, KABARDEDIKAN.COM – Pasca libur Idulfitri, objek wisata di Bumi Pongtiku julukan Kabupaten Toraja Utara (Torut) dipadati pengunjung. Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, meninjau langsung lokasi di beberapa tempat objek wisata yang ada di wilayah hukum Polres Toraja Utara, Kamis (5/5/2022).

“Berdasarkan hasil pantauan, sesuai dengan prediksi kami, pada hari libur perayaan Idulfitri ini, maka tempat wisata merupakan objek favorite dari masyarakat yang sedang merayakan Idulfitri maupun liburan,” ujar Kapolres Eko kepada media ini melalui Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Masyarakat (Humas) Iptu Kusuma Tombi Langi.

Lanjutnya, maka dari itu, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dini membludaknya wisatawan lokal yang berkunjung ke lokasi wisata, seperti Ke’te’ Kesu’, Londa dan destinasi wisata lainnya yang ada di Bumi Pongtiku.

“Antisipasi kami yang pertama adalah, sejak awal kami sudah mendirikan pos pengamanan, selanjutnya untuk kegiatan pada hari selanjutnya hingga masa selesainya libur Idulfitri ini, kami membackup perkuatan dari jajaran lalu lintas dan satgas preventive, dan di bantu Polsek setempat untuk membantu kelancaran lalu lintas maupun kegiatan masyarakat yang berada di kawasan wisata yang ada di Toraja Utara,” sebutnya.

Kapolres menambahkan, berdasarkan pantauannya saat ini, jika melihat nomor kendaraan yang berkunjung, wisatawan lebih didominasi oleh wisatawan dari luar daerah Bumi Pongtiku.

Dirinya juga mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang hendak mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang berada di wilayah hukum Polres Toraja Utara, agar selalu memperhatikan kondisi fisik maupun kendaraannya terlebih dahulu.

“Pastikan kondisi kendaraan berada dalam kondisi yang baik, serta jangan membawa barang-barang yang berlebihan, termasuk juga perhiasan. Karena itu bisa memancing terjadinya tindakan kriminalitas,” pesan Eko panggilan akrab Kapolres Toraja Utara.(megasari).