Rumaju, Desa Pertama di Kecamatan Bajo Salurkan BLT-DD tahun 2022

Kabardedikan.com, Rumaju Luwu — Desa Rumaju, Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu menjadi desa pertama di Kecamatan Bajo yang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) tahun 2022.

Penyerahan BLT-DD tahap pertama bulan Januari – Maret sebesar Rp.900 ribu per KPM Kepada 80 KK penerima manfaat dilaksanakan Selasa, (29/03/2022), di kantor Desa setempat.

kades Rumaju Abdurrachmansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk tahun ini jumlah penerima BLT DD berkurang 5 KPM.tahun lalu jumlah penerima 85 KPM tahun ini 80 KPM.

“Jumlah penerima berkurang karena Dana nya juga berkurang, tahun lalu hampir Rp 800 juta, tahun ini cuman Rp 714 juta.”jelas kades

Berdasarkan Perpres 104 tahun 2021 penyaluran BLT DD tahun anggaran 2022 paling sedikit 40 %, program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20 % (dua puluh persen), dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) paling sedikit 8 % (delapan persen), dari alokasi Dana Desa setiap desa dan Program sektor prioritas lainnya.

Kades Rumaju menjelaskan untuk Dana ketahanan pangan 20 persen peruntukan perikanan dan bibit jagung untuk menambah penghasilan rumah tangga di Rumaju.

“Insya Allah mudah-mudahan ini lancar semua yang kita anggarkan sampai akhir tahun di bulan Desember sebanyak Rp 288 juta.”ucap Abdurrachmansyah.

Hadir pada penyaluran tersebut Kades Rumaju Abdurrachmansyah, Sekcam bajo Arman Nursalim, Pendamping desa dan warga penerima manfaat.
(Rais)