Basmin Sampaikan 3 M Diberantas dalam Kegiatan Summit KKS se-Indonesia di Semarang

Basmin Mattayang Bupati Luwu membawakan materi di kegiatan tersebut. Judul materinya “Best Practise Tatanan Kehidupan Sosial yang Sehat”

Kabardedikan.com, Semarang – Setalah Vakum selama 2 tahun karena Pandemi Covid-19. Summit Kabupaten/Kota kembali digelar. Sekarang, Kegiatan ini digelar lagi di kota Semarang, Jawa Tengah.

Kabupaten Luwu tidak ketinggalan bahkan Bupati Luwu membawakan materi di kegiatan tersebut. Judul materinya “Best Practise Tatanan Kehidupan Sosial yang Sehat”

Bupati Basmin menjadi salah satu dari 27 Pameteri dari seluruh Indonesia. Inti Basmin dalam materinya adalah upaya pemerintah Luwu bersama steakholder dalam menciptakan Kabupaten Luwu yang sehat.

Ada 3 hal yang diberantas Bupati Basmin dalam mewujudkan tatanan kehidupan sosial yang sehat. Bupati Luwu bilang, 3 itu adalah 3 M: Miskin Ilmu, Miskin Harta, dan Meski Iman.

Selain 3 M itu yang diberantas Bupati Luwu. Basmin juga menerapkan 3 T. Bupati bilang:” Untuk ASN Luwu, kami terapkan 3 T. Tertib Personil, Tertib Administrasi, dan Tertib Lingkungan.”

Hasilnya, sambung Basmin:”Alhamdulillah dalam kurun waktu kurang 20 tahun. Luwu tidak pernah terjadi sengketa antara masyarakat, baik antara Entis, Suku, atau SARA,” aku Basmin. Walaupun diakuinya, Basmin mengatakan dalam kompetisi politik pada pileg, pilkada sangat ketat.

Kegiatan itu berlangsung di Patra Semarang Hotel & Convention Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin 28 Maret 2022. Summit Seminar dan Expo Kabupaten/Kota Sehat Indonesia Tahun 2022 ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Indonesia.

Kyai H. Ma’ruf Amin. Wakil presiden dalam sambutannya melalui virtual mengapresiasi kegiatan ini. Sebut dia, melalui kegiatan ini dapat mensejahterakan warga.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan summit ini. Karena daerah yang sehat akan mensejahterakan masyarakat kita,” ucapnya.

Terlebih, ia juga mengharapkan agar kegiatan ini akan melahirkan rekomendasi dalam mewujudkan pandemi yang terkendali sehingga membawa kebaikan bagi seluruh bangsa Indonesia.

Sebagai tuan rumah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh Bupati dan Walikota yang hadir. Ucapannya itu karena seluruh Bupati dan Walikota telah berupaya menanggulangi pandemi covid-19.

Ganjar bilang:”Mari kita berikan yang terbaik kepada masyarakat, dan bersungguh-sungguh dalam upaya melawan Covid-19,” akhir sambutan Ganjar.

Di kegiatan itu juga hadir Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (FKS) Luwu. Hayarna Hakim. Istri Bupati Luwu yang hadir menyampaikan apresiasinya. Katanya, melalui kegiatan itu dapat meningkatkan pengalaman dan kapasitas forum kabupaten/kota sehat.

“Ini menjadi forum yang strategis dalam memperkuat pelaksanaan Kabupaten/Kota Sehat mengingat kondisi wilayah di Indonesia yang sangat beragam,” ujar Hayarna.

Ada juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu. dr. Rosnawary. Katanya, kegiatan tersebut, juga digelar expo. Dalam expo menampilkan kegiatan-kegiatan Forum Kabupaten/Kota Sehat.

Kadis Kesehatan ini mengatakan dalam expo itu Luwu membawa Batik Luwu. Selain itu ada juga produk-produk unggulan.”Alhamdulillah, produk yang ditampilkan mendapatkan respon yang baik dari pengunjung,” katanya.(*)