60 Siswa SDN Salu Banga Telah Terima Beasiswa PIP, Kepsek: Belanjakan Sesuai Peruntukannya

Kabardedikan.com, Sulbar Luwu – Program Indonesia Pintar atau PIP di SDN 471 Salu Banga telah diumumkan. Dengan menghadirkan orang tua siswa. Kepsek SDN 471 mensosialisasikan program bantuan ini di ruang kelas, Sabtu 19 Maret 2022.

Tercatat 60 siswa menerima bantuan ini. 60 siswa itu adalah siswa kelas 1 sampai kelas 6. Program bantuan PIP dimaksudkan untuk membantu siswa yang kurang mampu. Harapannya bantuan tersebut meringankan beban orang tua siswa di sekolah.

Olehnya Asrawati mewanti wanti agar orang tua siswa membelanjakan bantuan ini sesuai peruntukannya. Katanya, tidak diperkenankan membeli diluar dari keperluan siswa atau tidak mendesak.

“Saya harap beasiswa ini digunakan untuk keperluan siswa. salah satunya digunakan untuk membeli alat tulis menulis, seragam sekolah, kerudung, sepatu, tas, dan kebutuhan yg lainnya. Jangan digunakan diluar keperluan itu,” ucap Asrawati kepada orang tua siswa.

Sambung Kepsek Asrawati mengatakan selain untuk seragam sekolah. Bantuan ini juga untuk uang saku siswa, biaya kursus bagi pendidikan non formal, “Atau kita kasih ikut anak ta mengaji. Bisa juga biaya transportasinya ke sekolah, bila perlu biaya peraktek tambahan dan biaya makan,” jelas Asrawati.

Dalam bantuan ini ada perubahan dari bantuan sebelumnya. Asrawati bilang jika dahulu bantuan siswa diarahkan ke Bank BRI atau Pos, sekarang bantuan ini melalui komite sekolah.

“Saya selaku Kepsek menjalankan perintah dari atas. Oleh karena itu saya arahkan ibu bapak sesuai prosedur yg berlaku,” ucap Asrawati.

Ia juga menegaskan aturan ini tidak hanya di SDN 471 Salu Banga saja, tapi semua sekolah yang ada di kabupaten Luwu memakai sistem penerimaan PIP melalui komite sekolah.

Di akhir kegiatan sosialisasinya, Kepsek SDN 471 ini berterima kasih kepada orang tua yang sempat hadir atas dukungan program pemerintah Indonesia pintar ini.(Haryono/jy)