Pilkades Serentak Luwu Tidak Lama Lagi, Bupati: Junjung Tinggi Budaya Sipakatau, Sipakainga dan Sipakalebbi

Kabardedikan.com, Belopa Luwu – Pilkades Luwu tinggal menghitung hari. 91 Desa yang tersebar setiap kecamatan di Luwu siap menghelat.
265 calon kepala desa siap beradu pada tanggal 24 Maret 2022 mendatang.

Oleh karenanya pemerintah kabupaten Luwu menyelenggarakan rapat koordinasi dan penandatanganan fakta integritas pilkades damai di tribun lapangan Andi Djemma, kelurahan Senga kecamatan Belopa, Kamis, 17/3/2022.

Tujuannya, agar kegiatan tersebut terwujud pelaksanaan pilkades yang damai. Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang., M.Pd meminta calon kepala desa dapat menjunjung tinggi budaya sipakatau, sipakainga dan sipakalebbi.

Falsafah Budaya Luwu itu disampaikan Bupati Basmin pada sambutannya tadi. Katanya, Kabupaten Luwu ini sangat kental dengan budaya Sipakatau, sipakainga dan sipakalebbi. Olehnya, Cakades harus menjunjung budaya itu.

Hal yang lain disampaikan Bupati asal Wara ini, Bahwa ia percaya Calon Kades yang sempat hadir adalah orang-orang sehat.

Sehat yang dimaksud Bupati adalah sehat cara berpikir, sehat nurani dan sehat dalam tindakan.” Dari sehat segala aspek itu saya harapkan tidak boleh saling mencela, saling mencaci maki dan saling menjelekkan,” ucap H Basmin Mattayang.

Tidak hanya itu, ia mengharapkan agar desa yang menggelar pilkades memahami konsep demokrasi. Maksudnya agar calon kepala desa yang berkompetisi siap melaksanakan Pilkades damai dan aman.

“Pesta demokrasi pada tingkat desa dimana setiap orang menggunakan hak konstitusinya, hak demokrasinya tanpa ada paksaan dan harus dilaksanakan secara jujur, disiplin dan transparan,” imbuh H Basmin Mattayang.

Hal yang lain disampaikan Bupati Basmin kepada penyelenggara agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara jujur.

Ia mewanti wanti agar panitia tidak boleh ada keberpihakan. Bupati Luwu mengingatkan pilkades ini akan diawasi oleh aparat TNI Polri sehingga katanya, jangan ada yang melakukan kecurangan atau keributan.

“Calon Kepala Desa silahkan laporkan jika mencurigai ada kecurangan jangan langsung melakukan tindakan. Jika terjadi kecurangan, saya meminta pak Kapolres untuk tindaki,” tegas Basmin Mattayang

Di akhir acara tersebut, para calon menandatangi 5 poin kesepakatan calon Kepala Desa dituang dalam fakta Integritas/Deklarasi damai. 5 poin itu adalah,

Pertama, siap melaksanakan pemilihan kepala desa serentak Tahun 2022 secara jujur, adil, santun, bermartabat dan tetap mematuhi protokol kesehatan .

Kedua, siap bekerjasama dengan penyelenggara pemilihan kepala desa dan pengawas pemilihan kepala desa tahun 2022 untuk tidak mengangkat isu-isu yang berbau sara.

Ketiga, bersama aparat Polisi dan aparat TNI siap untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, aman dan damai serta dapat mengendalikan massa pendukung masing-masing dan mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Keempat, siap menerima hasil penyelenggaraan pemilihan kepala desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kelima, Siap untuk dipilih dan siap untuk tidak dipilih dalam pemilihan kepala desa.