PUPR Luwu Tinjau Kerusakan Infrastruktur Yang Rusak Di Terjang Bandang

KABARDEDIKAN.COM, LUWU—-Setelah debit air sungai yang ada di Kecamatan Latimojong meninggi akibat hujan mengguyur wilayah tersebut sejak Senin sore (14/03) kemarin, sejumlah infrastruktur mengalami kerusakan parah.

Bahkan, masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran Sungai Kadundung Kec. Bajo Barat dan Sungai Cimpu, Kec. Suli, diminta siaga dan waspada.

Akibat luapan air tersebut, selain merusak fasilitas PLTA milik PT. Masmindo Dwi Area yang ada di desa Rante Balla, Kec. Latimojong, juga menyebabkan ambelasnya pasangan landhoef jembatan beton di Desa Lambanan.

Sementara di wilayah Kec. Bajo Barat, berdasarkan rilis data dari Pemerintah setempat, setidaknya ada 5 (lima) desa di kecamatan tersebut juga merasakan dampaknya.

Selain merendam area persawahan, luapan air juga merusak jembatan gantung yang berada di desa Marinding.

Jembatan tersebut merupakan akses penghubung antara desa Marinding dengan desa Sampeang Kec. Bajo barat.

Mendapat laporan kondisi pasca banjir, Kadis PUPR Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT langsung menginstruksikan tim teknis untuk turun melakukan investigasi lapangan.

Di dampingi Camat Bajo Barat, Hj. Rahmatiah bersama sejumlah aparatnya, tim PUPR yang dipimpin Sekdis, Ir. Usdin Iskandar, ST melihat kondisi kerusakan jembatan gantung desa Marinding.

Dari Marinding, tim lalu bergerak menuju Desa Saronda meninjau kondisi kerusakan pipa transmisi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Kadis PUPR Luwu, melalui Sekretaris, Usdin Iskandar mengatakan jika tim teknis yang turun ke lapangan hari ini untuk melakukan inventarisasi kerusakan infrastruktur sebagai kebijakan program kegiatan dinas.

“Sesuai instruksi Pak Kadis, untuk sementara, langkah awal yang kita lakukan adalah perekaman data teknis lapangan sebagai acuan melakukan perhitungan penanganan terhadap kerusakan yang ada”, ujar Usdin di damping sejumlah Kabid yang turut, Selasa (15/03/2022).

Selain dari Pemerintah Kecamatan Bajo Barat, terlihat pula hadir Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Luwu, Andi Mammang.

Rilis : mus_95
Foto : zaenul