Salah Satu Kerja Sama Bulog Palopo dan Pemkab Luwu: Beli Beras, Bayar Setalah Gajian

Kabardedikan.com, Belopa Luwu – Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negera (ASN) Lingkup Kabupaten Luwu. Mereka akan diberi beras berkualitas dari Bulog. Tapi jangan salah, beras tersebut tidak gratis. Namun mereka diberi kemudahan dengan membayar setelah gajian.

Kabar ini melalui Perum Bulog cabang Palopo saat bertandang ke Kantor Bupati Luwu untuk melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama atau PKS dengan Bupati Luwu Dr. H. Basmin Mattayyang, Kamis, 10/03/2022.

Bupati Luwu mempersilahkan kepada perusahaan milik negera itu melakukan penawaran kepada ASN lingkup Luwu, tetapi Basmin menyampaikan menyesuaikan kemampuan ASN,”Kemampuan ASN itu tidak sama dan bahkan ada juga ASN yang memiliki sawah,”katanya.

Sambungnya juga, agar dalam pelaksanaan kerjasama ini nantinya jangan ada paksaan bagi ASN.

Kedatangan Perum Bulog ini disambut baik Bupati Luwu. Ia, Basmin menyampaikan rasa terima kasih karena telah membantu para ASN untuk mendapatkan beras harga yang lebih murah dengan kualitas yang baik.

Perum Bulog nantinya akan menyalurkan beras kepada ASN Luwu secara kontinuitas dengan kualitas premium di kemas dalam ukuran 10 Kg (10.000/kg). Bahkan harganya flat maksudnya, harganya tidak akan berubah selama setahun.

Tidak hanya itu, Perum Bulog juga memberikan kemudahan dengan pembayaran dengan sistem tunda bayar atau bayar setelah gajian. Mekanismenya akan dibahas ke OPD atau Organisasi Perangkat Daerah masing-masing.

“PKS ini akan segera kami tindak lanjuti dengan melakukan koordinasi bersama OPD-OPD untuk melakukan sosialisai serta membahas proses PO (Pre-order), termasuk dengan mekanisme pembayarannya,” terang Lisnawati kepala kantor Bulog cabang Palopo.

Dalam catatannya, Lisnawati meyakini ketersediaan beras di gudang Bulog cabang Palopo memenuhi di wilayah Luwu raya dan Toraja. Angkanya mencapai 8900 Ton saat ini.

Kedatangan Bulog cabang Palopo ke Kantor Bupati bukan hanya membahas beras berkualitas untuk ASN. Lisnawati juga menyampaikan 3 maksud dan tujuan penting Perusahan Beras milik Negera itu menyambangi Bupati Luwu.

Pertama untuk mensinergikan Kerjasama dalam rangka penyerapan gabah/beras dari petani,”Kita ketahui bersama bahwa Luwu Raya ini termasuk wilayah lumbung padi, sehingga perlu ada langkah-langkah dalam penyerapan dan penyalurannya yang dapat membantu para petani,”jelasnya.

Kedua, mensinergikan Kerjasama dalam rangka pembelian dan penyaluran beras bagi ASN lingkup Pemkab Luwu.

Dan ketiga, memudahkan ASN Pemkab Luwu membeli beras berkualitas dan membantu Perum Bulog dalam menyalurkan beras.

Diakhir acara tersebut Bupati Luwu dan pihak mewakili Perum Bulog cabang Palopo melakukan tanda tangan kerja sama disaksikan beberapa Staff masing-masing yang sempat hadir.(*/Jayanto)