Pompaniki, Desa Pertama di Kecamatan Sabbang Selatan yang Salurkan BLT DD

LUWU UTARA, KABARDEDIKAN.COM – Desa Pompaniki Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara menjadi desa pertama di Kecamatan Sabbang Selatan yang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Penyerahan BLDes kepada 91 KPM penerima manfaat mulai dilaksanakan pada, Rabu 9 Maret 2022, di Aula Kantor Desa setempat.

Adapun alokasi anggaran yang disiapkan oleh Pemerintah Desa Pompaniki sebesar Rp. 81.900.000. Dari 91 KPM yang terima dari bulan Januari, Februari, Maret 2022, perbulannya Rp.300 ribu.

“Dan untuk proses verifikasi lapangan, kami libatkan perangkat desa, tokoh masyarakat, agama, kami libatkan,” sebut Kepala Desa Pompaniki Drs Jayadi pada media ini, Rabu (9/3/2022).

Jayadi melanjutkan, verifikasi lapangan tersebut dilaksanakan secara ketat dengan menggunakan kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir permasalahan yang mungkin timbul dalam penyaluran BLT DD ini. Selain itu, nama-nama calon penerima BLTDes juga dibahas berjenjang mulai dari tingkat dusun sampai dengan proses Musyawarah Desa (Musdes).

Dalam Musdes dimaksud, lanjut Jayadi, nama-nama hasil verifikasi di lapangan dibahas bersama dengan BPD, dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. Dirinya pun meyakinkan bahwa seluruh tahapan dalam penyaluran BLTDes ke 91 Kepala Keluarga ini sudah dilakukan secara transparan dan tepat sasaran.

Penyerahan BLT Dana Desa di Desa Pompaniki
dilaksanakan secara tunai. Hal itu diakui Jayadi Kepala Desa untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat itu sendiri.

“Sejauh ini biasa ada riak-riak kecil, karena kurangnya pemahaman dari masyarakat. Mereka mengira seluruh masyarakat mendapatkan (BLT DD), diluar penerima PKH dan BPNT. Setelah kami berikan pemahaman, masyarakat relatif bisa menerima dan bisa memahami,” tambahnya.

Sementara, Camat Sabbang Selatan Syahruddin yang hadir di lokasi penyerahan BLT DD memberikan apresiasi atas gerak cepat yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Pompaniki bersama unsur lainnya di desa, karena menjadi desa pertama di Kecamatan Sabbang Selatan yang mencairkan BLTDes

Dikatakan Syahruddin Camat Sabbang Selatan, saat ini hampir semua desa di kecamatannya sudah melakukan verifikasi lapangan untuk menilai kelayakan keluarga penerima BLTDes. Selain itu, sejumlah desa juga tengah menyiapkan dokumen administrasi yang diperlukan untuk melengkapi pencairan BLTDes nya.

Mantan Camat Bone-Bone mengharapkan agar seluruh desa di Kecamatan Sabbang Selatan secepatnya melakukan pencairan dan penyaluran BLTDes. Hal itu dikatakannya untuk memenuhi isi dari Surat Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, yang mana desa-desa diharapkan sudah menyalurkan BLTDes pada
minggu pertama bulan Maret 2022.

“Harapan Saya kepada masyarakat penerima manfaat, dana ini agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memenuhi prioritas kebutuhan pokok. Selain itu kami juga harapkan desa-desa lain, supaya mempercepat
proses penyaluran ini (BLTDes), sehingga semua bantuan, baik yang bersumber dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun pemerintah desa itu bisa diterima secara bersamaan,” tutupnya.

Hadir pula dalam penyaluran BKTDes tersebut yakni, Bhabinkamtibmas Brioka Muh Amran, Kepala UPT PKM Sabbang Selatan Sudarmi Idrus dan Pendamping Desa Abdul Kadir Salewe.(yustus)