Adriana Lapu, Menerapkan Karakter Siswa yang Baik dan Cerdas

Kepala UPT SMP Katolik Rantepao Adriana Lapu, S.Pd

Toraja, Kabardedikan.com – Salah satu poin penting dalam tujuan pendidikan nasional adalah pembentukan pribadi yang memiliki watak dan sikap budi luhur sesuai nilai-nilai Pancasila.

Kepala UPT SMP Katolik Rantepao Adriana Lapu, S.Pd diharapkan nantinya sikap mulia tersebut bisa menjadi karakter dalam diri setiap warga negara. semua itu bisa diawali melalui berbagai cara membentuk karakter siswa sebagai calon penerus bangsa. Ucapnya melalui wartawan media ini beberapa hari yang lalu di Ruangannya pada Jumat 4 Maret 2022.

“Karakter sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah ciri khas ataupun sifat yang menempel pada diri seseorang dalam berperilaku sehari-hari. Di dalam pembentukan karakter tersebut terdapat pengaruh keluarga, orang terdekat dan juga lingkungan termasuk sekolah”. Ucap Adriana

Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa pendidikan karakter perlu diberikan juga di dalam lingkungan sekolah kepada para siswa sesuai dengan visi dan misi yang ada disekolah terjadinya komunitas pendidikan unggul kratif, kasih dan misioner. Ucap Adriana

Dalam hal ini guru dan staf pengajar lainnya di lingkungan sekolah memiliki tanggung jawab serta tugas untuk membentuk karakter yang baik pada siswa.

“Pembentukan karakter di sekolah tersebut bisa dilakukan melalui beberapa cara, memberikan contoh atau teladan, memberikan apresiasi atau penghargaan, menyelipkan pesan moral saat mengajar, bersikap jujur dan terbuka, membagi pengalaman yang inspiratif”, Pungkas Andriana Lapu. (Nelsi/Megasari)