Temu Konsolidasi Masyarakat Toraja se Tana Luwu, Ini Dilakukan

KABARDEDIKAN.COM, PALOPO – Masyarakat Toraja yang bermukim di Tana Luwu meliputi Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Asal Toraja (IKAT), IKT (Ikatan Keluarga Toraja) KKT (Kerukunan Keluarga Toraja) mengadakan temu konsolidasi untuk persiapan penyatuan organisasi menjadi Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Senin 28 Februari 2022.

Kegiatan temu konsolidasi tersebut diadakan di Meeting Room Pantai Labombo Kota Palopo.

Hal tersebut disampaikan Dewi Sartika O
Pasande Ketua Bidang Luar Negeri LMTI mengatakan dalam penyampaian bahwa eksistensi, visi dan misi PMTI untuk Luwu Raya nantinya adalah induk dari tiga paguyuban di Tana Luwu (Luwu Raya).

” PMTI berkomitmen untuk menggalang kebersamaan, membangun dan memajukan warga Toraja yang berada di Luwu Raya,” sebut Dewi panggilan akrabnya Owner PT Jas Mulia

Komitmen ini merupakan wujud kepedulian masyarakat Toraja yang bermukim di Tana Luwu untuk menjadikan induk paguyuban disatukan di wadah Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI).

Komitmen itu sampaikan Ketua Bidang Luar Negeri Ir Dewi Sartika Pasande, M.Sc dalam orasinya yakni, eksistensi visi dan misi PMTI mewakili Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa dan Sekretaris Jenderal Dating Palembangan, SE, Ak, MM.

Untuk diketahui bahwa, organisasi Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) ini, yang lahir 12 tahun lalu, dengan Ketua Umum yang pertama yakni, Ir Jonathan L Para’pak, ini merupakan wujud kebersamaan dan kepedulian masyarakat Toraja terhadap kampung halamannya.

” Karena itu, PMTI yang merupakan induk persekutuan kerukunan masyarakat Toraja dari berbagai kampung di Toraja senantiasi muncul dan hadir untuk kepentingan bersama masyarakat Toraja, tanpa membedakan agama, kultur, dan kelompok atau pun partai politik tertentu,” terangnya.

Dan PMTI yang tidak berafiliasi kepada salah satu partai politik ini mempunyai perwakilan di tiap provinsi atau wilayah, seperti nantinya wilayah Tana Luwu (Luwu Raya) meliouti Kabupaten Luwu, Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur. Bahkan, di luar negeri, juga ada pewakilan PMTI.

Selain PMTI juga tetap ada organisasi lainnya seperti Ikatan Keluarga Asal Toraja (IKAT), Ikatan Keluarga Toraja (IKT), Kerukunan Kelyarga Toraja (KKT) atau kalau ada di Luwu Raya, Himpunan Masyarakat Toraja (HIKMAT) atau nama lainnya yang bersinergi nantinya dengan PMTI dengan tujuan adalah, menjalin tali bsilaturahmi masyarakat Toraja di Tana Luwu dengan warga di tanah leluhurnya Toraja.

Temu konsolidasi persiapan penyatuan organisasi masyarakat Toraja di Lywu Raya (Tana Luwu) dipercayakan kepada tim pelaksana pertemuan Ishak Gamaliel Pagalla, SH dan Drs Daud Gala, SH, MM.(yustus)