5 Pilar STBM Segera Dievaluasi di Rakor Forum KKS

Kabardedikan.com, Belopa Luwu – Forum Kabupaten Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu menggelar Rapat Forum Koordinasi Kecamatan Sehat di Aula Rumah Jabatan Bupati, Desa Pammanu, Kecamatan Belopa Utara (23/02/2022).

Kegiatan ini membahas program kerja Forum Kabupaten Kota Sehat, sebagai upaya dalam penyelenggaraan kabupaten sehat kedepan.

Dinas Kesehatan, dr. Rosnawary Basir selaku leading sektor forum tersebut mengatakan, akan segera mengevaluasi penyelenggaraan 5 pilar STBM di setiap kecamatan.

Perlu diketahui 5 Pilar STBM merujuk Permenkes No. 3 Tahun 2014 yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PSRT), dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLCRT).

Lanjut Rosnawary,”Untuk meningkatkan kinerja dalam mewujudkan kabupaten sehat, kita akan mengambil langkah-langkah konkrit,” katanya.

Arahan Kepala Dinas Kesehatan ini untuk mengetahui sejauh mana progres yang telah dicapai.

Hal yang sama disampaikan Sekretaris Forum KKS Kabupaten Luwu, Hj. Muliati Aras. Rapat ini dilaksanakan agar,”semua informasi di kecamatan dapat ditangkap secara utuh,” tuturnya.

Rencananya, rapat tersebut akan dilaksanakan dengan menggilir kecamatan menjadi 5 (lima) wilayah.

Wilayah 1, Kecamatan Larompong Selatan, Larompong, Suli dan Suli Barat.

Wilayah 2, Kecamatan Belopa, Belopa Utara, Bajo dan Bajo Barat.

Wilayah 3, Kecamatan Kamanre, Ponrang Selatan, Bua Porang dan Ponrang.

Wilayah 4, Kecamatan Bastem, Bastem Utara dan Latimojong.

Serta wilayah 5, Kecamatan Lamasi, Lamasi Timur, Walenrang, Walenrang Timur, Walenrang Barat dan Walenrang Utara.

Sementara itu Dr. Hj. Haryarna Hakim, selaku Ketua Forum ini mengungkapkan evaluasi penegakan 5 pilar STBM ini, adalah upaya mempertahankan status Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara yang telah diperoleh tahun lalu.

Menurutnya, Haryarna, keberhasilan kerja tim akan terlihat dari program kerja yang terlaksana dengan baik, terukur dan akuntabel.

“Kita harus memiliki persepsi yang sama sehingga target yang ingin kita capai dapat terwujud,” ucap Hayarna.

Selaku Ketua Forum KKS Kabupaten Luwu Istri Bupati Luwu ini mengharapkan kerjasama dan sinergitas yang baik dari seluruh Kecamatan, Puskesmas dan Desa, serta para pengurus dalam mewujudkan Kabupaten sehat ini.

“Hal-hal yang diluar jangkauan kita, akan menjadi catatan dan kami laporkan ke dewan pembina untuk mendapat perhatian dan tindakan lebih lanjut oleh Pemerintah Kabupaten dalam hal ini para Kepala OPD teknis,” ujar Hayarna.

Rapat koordinasi tersebut sudah berlangsung sejak hari Senin, 21 Februari lalu, rencananya berlangsung sampai hari Jum’at mendatang dengan pembagian 5 wilayah tadi. Sedangkan hari ini, sudah masuk hari ke 3 wilayah 3.

Rapat ini melibatkan Pokja Desa Sehat, Kepala Puskesmas, Pokja Kesehatan Lingkungan, Pokja Promosi Kesehatan, serta Pokja KIA dan Gizi se-Kabupaten Luwu.(*)