Sebelum Prakerin, 766 Siswa Siswi SMK Kristen Tagari Dapat Pembekalan

siswa-siswi kelas XI SMK Kristen Tagari Rantepao yang berjumlah 766 melaksanakan Pembekalan prakerin

TORAJA, KABARDEDIKAN.COM – Menjelang pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin), SMK Kristen Tagari Rantepao Kabupaten Toraja Utara (Torut) Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan pembekalan kepada siswa-siswi kelas XI yang berjumlah 766 siswa, Kamis 27 Januari 2022.

Kepala UPT SMK KRISTEN TAGARI
Micha S Paerunan

Pembekalan prakerin di gelar di Aula SMK Kristen Tagari Rantepao Toraja Utara.
” Hal tersebut disampaikan Kepala UPT SMK Kristen Tagari Micha S Paerunan mengatakan, dengan prakerin siswa dapat mengimplementasikan apa yang didapat sekolah dan dilapangan atau di industri,” sebut Micha S Paerunan pada wartawan media ini.

Ketua Panitia Ruben Tumonglo

Tentunya pihak sekolah menyesuaikan dengan kebijakan ditempat prakerinnya,” tambahnya.

Dari 766 siswa yang akan melaksanakan prakerin tersebar di Toraja, Palopo, Sorowako, Palu, Poso, Makassar, Kalimantan, Morowali, Pare-Pare, Irian dan Bandung.

Sedang jurusan-jurusan yang ada di SMK Kristen Tagari yang ikut prakerin yakni, TKJ, RPL, Listrik, Mesin Produksi, DPIB, Teknik Sipil, Teknik Alat BeratTeknik Kendaraan Ringan dan Tehnik Sepeda Motor.

“Nantinya, siswa akan menjalankan prakerin selama tiga bulan dan siswa-siswi sudah mendapatkan imunisasi tahap pertama dan kedua,” terang Micha panggilan akrab Kepala UPT SMK Kristen Tagari.

Sementara Ruben Tumonglo, Panitia Prakerin SMK Kristen Tagari Rantepao menjelaskan bahwa, nantinya setelah menjalankan prakerin, siswa diminta untuk membuat laporan yang menjelaskan tentang apa yang dilakukan selama prakerin. Selanjutnya laporan tersebut akan dipertanggungjawabkan dalam sidang.

“Prakerin sangat penting untuk mengasah kemampuan siswa dengan terjun langsung ke dunia kerja. Ini juga sesuai dengan sistem pembelajaran, yakni 70 persen praktik dan 30 persen teori,” katanya.

Untuk diketahui bahwa, pembekalan prakerin dilaksanakan dengan dua tahap yakni, untuk tahap pertama berlangsung tanggal 24 hingga 26 Januari 2022 yang terdiri dari 7 jurusan adalah, PRL 17 siswa, Listrik 46, Mesin Produksi 46, Las 33, DPIB 76, TKJ 51 dan Tehnik Sipil 31 siswa.

” Untuk tahap kedua dilaksanqkan hari ini, Kamis 27 Januari 2022 yang terdiri dari 3 jurusan yakni, Tehnik Alat Berat 330 siswa, Tehnik Kendaraan Ringan 118 dan Teknik Sepeda Motor 18 siswa,” tandas Ruben Tumonglo. (nelsia/megasari)