Kelurahan Noling Telah Selesai Gelar Musrenbang untuk Tahun Anggaran 2023, Ini Hasilnya

Luwu, Kabardedikan.com — Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2023 di Kabupaten Luwu sudah mulai berjalan. Masing-masing kelurahan dan Desa ada yang sudah selesai menggelar kegiatan tersebut, sementara lainnya masih sedang dalam proses.

Khusus untuk Kelurahan Noling, Kecamatan Bua Ponrang, kegiatan Musrenbang untuk tahun anggaran 2023 telah selesai digelar, selasa (24/01/2023).

Hal terdebut disampaikan Lurah Noling Abd Hakim Tanca Kepada Media kabardedikan.com diruang kerjanya, Rabu, 25/01/, Musrenbang yang telah dilaksanakan akan menjadi kesepakatan bersama dalam menentukan langkah-langkah pembangunan di tahun 2023

“Kegiatan ini sangat penting guna mendengar anspirasi masyarakat untuk merencanakan pembangunan apa saja yang dibutuhkan untuk dilaksanakan pada tahun 2023,” kata Abd Hakim Tanca

Kemudian dikatakan Abd Hakim Tanca, tujuan pelaksanaan musrenbang ini adalah untuk mempertajam usulan program, dan kegiatan prioritas tahun 2023

Lebih lanjut, dikatakan Abd Hakim Tanca, pelaksanaan musrenbang tingkat Kelurahan Noling, Yang mana aspirasi yang dibawa dalam Musrembang,merupakan usulan yang diserap di tiap-tiap lingkungan.

Dalam usulan melalui kepala lingkungan yang disampaikan dalam musrenbang, yang usulan skala prioritas adalah :

  1. Lingkungan Noling : Rehab 3 RKB SDN 59 Noling, Pembangunan UKS 1 Unit, pembangunan Pagar SDN 59 Noling
  2. Lingkungan Kambuno : Pelebaran jalan pengairan batas Kel.Noing-Desa Padang Ma’bud sepanjang 500 M, pembangunan Plat Duicker jalan mangga
  3. Lingkungan Yaminas : Bantuan Hand Tractor 3 unit untuk Kel.Tani, Pembangunan Draenase Jln Poros Noling sepanjang 500 M.
  4. Lingkungan Salu Makarra : Jembatan Jalan Tani, Sumur Bor 1 Unit, Pengkrikilan Jalan Tani 2 Km, Perbaikan Lapangan sepak Bola.
  5. Lingkungan Lumika : Pengkrikilan jalan 2.5 Km, Pembuatan Plat Duicker 3 Unit, Pembuatan Draenase

Selanjutnya untuk skala prioritas Dana kelurahan adalah :

  1. Lingkungan Lumika : Pustu 1 Unit, Talud 50 M
  2. Lingkungan Noling : Talud SMPN 1 Noling 40 M, Draenase Saluran Tersier 100 M, Pengadaan Tong Sampah 250 Buah
  3. Lingkungan Salu Makarra : Talud Samping Masjid panjang 50 M
  4. Lingkungan Yaminas : Pembangunan TPA Masjid Hikma Noling, Draenase Saluran Pembuangan Panjang 80 M
  5. Lingkungan Kambuno : Pembangunan Draenase Panjang 200 M

Dengan selesainya Musrenbangdes 2023, tahapan selanjutnya adalah membawa usulan-usulan tersebut dalam Musrenbang Kecamatan Bua Ponrang (Bupon) dan Kabupaten, tutup Abd Hakim Tanca (Ddea)