20 Jamaah Bulukumba Siap Berangkat Ibadah Umroh New Normal, Ini Perdana Semasa Pandemi

SULAWESI SELATAN, KABARDEDIKAN.COM – Untuk pertama kalinya sejak pandemi Corona Virus, Kementerian Agama (Kemenag) akan memberangkatkan 20 jamaah asal Bulukumba untuk melaksanakan ibadah umroh ke Arab Saudi.

Olehnya itu, PT Nida Utama Sejahtera menggelar ‘launching sosialisasi pemberangkatan’ umroh haji yang dilaksanakan Pusat Haji dan Umroh Terpadu Kantor Kemenag RI, Kota Bulukumba pada Sabtu 22 Januari 2022.

Di Januari 2022, kini Kabupaten Bulukumba siap mengirimkan jamaahnya. 20 orang dan sudah mendaftar 40 orang.

Launching Umroh New Normal di hadiri Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Hj. Darmawati mewakili Bupati Bulukumba, Kepala Kantor Kemenag H.Muhammad Yunus, Kepala Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Abdul Hakim Bohari serta CEO PT Utama Sejahtera Ahmad Rizka.

Hj. Darmawati berpesan agar para jamaah mematuhi aturan pencegahan penularan Covid-19 baik di Tanah Air maupun Arab Saudi, nantinya.

“Jaga kepercayaan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi, terutama juga Pemerintah Kabupaten Bulukumba. Tunjukkan bahwa jemaah umroh Bulukumba patuh pada aturan, khususnya patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Ingatlah, pandemi Corona Virus belum berakhir,” terang Darmawati.

Sementara itu H. Muhammad Yunus Kepala Kantor Kemenag Bulukumba menyampaikan bahwa, sesuai arahan Menteri Agama (Menag), pihaknya tengah memfinalisasi peraturan tentang penyelenggaraan umroh di masa pandemi, termasuk yang terkait integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi. Hal ini dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan jemaah.

“Proses verifikasi sertifikasi vaksin, tes kesehatan, karantina, dan screening kesehatan dilaksanakan secara mudah, cepat, valid, akurat, serta menjamin kepatuhan persyaratan yang telah ditentukan oleh kedua negara, Indonesia dan Arab Saudi,” sebutnya.

Menurutnya, persiapan penyelenggaraan melibatkan Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, serta Satgas Corona Virus Otoritas Bandara, serta BNPB.

“Kami menegaskan kepada pihak PT Nida Utama Sejahtera dalam memberangkatkan pertama jemaah umrah harus menjamin bahwa jemaah aman pelaksanaan ibdah dan aman diperjalanan sampai ke Jakarta dan kesehatan para jemaah,” pesan H. Muhammad Yunus.(ad/yustus)