Desa Komba Selatan Dikunjungi Tim Smart/Desa Cerdas Kementerian Desa

 

Kabardedikan.com, Luwu — Desa Komba Selatan, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu salah satu desa di kunjungi Tim Smart Village/Desa Cerdas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,Jumat, 03/12/2021.pagi

Tim smart village/Desa cerdas Kementerian desa, berkunjung dalam rangka melakukan pemantaun serta Sosialisasi Program Desa Cerdas. Ini adalah kegiatan hari kedua setelah sehari sebelumnya mereka juga melakukan kunjungan 2 Desa di Kecamatan Belopa dan Belopa Utara (Desa Lamunre Tengah dan Desa Senga Selatan). Kabupaten Luwu merupakan salah satu daerah yang menjadi lokus program Desa Cerdas oleh Kemendes RI.

Hadir dalam kunjungan ini turut mendampingi antara lain Bapak Anshari selaku perwakilan Dinas PMD Kab. Luwu, Camat Larompong Bapak Ridwan Pallawa, S.Pd, Kepala Desa Komba Selatan Bapak Haryanto, Tim Ahli Pendamping Desa Kab. Luwu dan beberapa perwakilan dari desa terdekat serta Tim PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) Kab. Luwu.

Dalam sambutannya, Kades Komba Selatan mengatakan sangat bersyukur desanya bisa menjadi salah satu lokus dikunjungi langsung oleh Tim Smart Village Kemendes RI hari ini.

“Sebagai Desa yang berhasil meraih Juara 1 Lomba KIP Desa tingkat Kab. Luwu pada tahun 2020 lalu, Pemerintah Desa Komba Selatan memang sudah menjalankan proses informasi dan layanan adminstrasi berbasis digita dimana telah ada media Website Desa, Media Sosial dan yang terbaru adalah Anjungan Layanan Mandiri Desa.”katanya

Tim Smart Village Kemendes RI dalam pemaparannya menyampaikan bahwa tujuan mereka hadir di Desa Komba Selatan ini adalah untuk melihat proses desa cerdas yang dijalankan serta sosialiasi program Desa Cerdas untuk tahun 2022, dan akan ada perekrutan calon Duta Digital dari desa yang nantinya ikut dalam program ini dimana seluruh biaya akan ditanggung oleh Kemendes RI dan support dari Dana Desa sesuai kebijakan dari Kemendes RI.

Tim juga melihat langsung alat Anjungan Layanan Mandiri Desa Komba Selatan yang merupakan inovasi pelayanan publik berbasis Digital.

Mereka merasa kagum dengan inovasi ini karena mampui hadirkan bentuk lain pelayanan informasi dan administrasi secara terbuka dan cepat.

Sebelum kembali ke Jakarta, tim kemudian dijamu makan siang oleh pihak Pemdes Komba Selatan berupa makan khas Luwu.(Redaksi)