Koptan Desa Laba Dapat Bantuan Combine Harvestrer, dari 81 Kelompok Tani Dibantu Alsintan di Luwu Utara

 

LUWU UTARA, KABARDEDIKAN.COM – Satu-Satunya Kelompok Tani (Koptan) di Desa Laba Kecamatan Masamba Luwu Utara menerima bantuan Combine Harvester jenis Mega Trone MT 10..

Bantuan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021 yang berada pada Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan, bertempat di Aula Lagaligo Selasa 23 November 2021.

Combine Harvester ini hanya dua penerima bantuan di Sulawesi Selatan, dan langsung Bupati Luwu Utara melakukan uji coba dengan mengendarai Combine tersebut didepan Kantor Bupwti Luwu Utara.

Bupati Indah Putri Indriani berpesan Alsintan ini bukan milik pribadi tapi milik kelompok di Desa Laba dan harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dijaga pemeliharaannya, supaya dapat juga digunakan oleh petani disekitar lokasi Kelompok Tani Desa Laba Kecamatan Masamba,”ujar Bupati Lutra.

Ucapan terima kasih tak terhingga yang hanya dapat dikatakan oleh perwakilan dari 81 Koptan di Lutra penerima bwntuan alsintan, setelah menerima bantuan dari Pemerintah Daerah. Dan mereka berjanji akan melaksanakan arahan yang telah disampaikan serta merawat dengan baik alat mesin tersebut.

Diketahui, pemanen kombinasi (Combine Harvester) adalah mesin yang memanen tanaman serealia. Mesin ini, seperti namanya, merupakan kombinasi dari tiga operasi yang berbeda, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi, dijadikan satu rangkaian operasi. Batang serealia atau jerami ditinggalkan di lahan untuk memberikan nutrisi dan menambah kadar organik bagi tanah, atau dikumpulkan kembali dengan mesin baler (pembuat bale, gulungan jerami) dan dipadatkan untuk diberikan ke hewan ternak.

Pemanen kombinasi adalah salah satu penemuan penting di bidang pertanian karena mampu menghemat biaya tenaga kerja dan mengefisiensikan usaha tani.

Bupati perempuan dua periode di Sulsel ini berpesan bahwa, alsintan untuk 81 kelompok tani (poktan),” tolong dipelihara dan bagaimana meningkatkan produksi yang berujung pada kesejahteraan masyarakat tani serta pertanian kita di Bumi Lamaranginanb tetap jaya dan bangkit,” sebutnya.

Sementars Rusyidi Rasyid Kepala Dinas Pertanian melaporkan jimlah anggaran khusus untuk alsintan di tahun 2021 sebanyak Rp.4.686.690.500,-

” Dan bantuan alsiltan untuk kelompok tani bersumber dari APBD dsn APBN tahun 2021,” tandasnya.(yustus)