Pemerintah Desa Tumale Bersama BPD Gelar Musdes Pembahasan RKPDes Tahun 2022

 

Luwu, Kabardedikan.com — Dalam rangka untuk melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif, berkesinambungan serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa perlu dilakukan musyawarah desa ( musdes ) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) setiap tahunnya.

Menyikapi hal tersebut, Badan Musyawarah Desa (BPD) Tumale menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2022 di Kantor Desa Tumale, Jumat ( 05/11/21).

Dalam Musdes kali ini dihadiri oleh Ketua BPD Nomba Patandianan dan anggota, Kepala Desa Markus, Pendamping Desa Iksan, Sekretaris Desa bersama Perangkat Desa, Lembaga desa, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama.

Musdes dibuka oleh Ketua BPD Nomba Patandianan, mengatakan bahwa mudes ini adalah acara rutin tahunan dalam penyusun rencana kerja pemerintah desa dengan beberapa agenda penting terkait dengan persiapan penyusunan RKPDesa Tumale Tahun Anggaran 2022 yakni RKPDesa Tahun Berjalan, Penyampaian Pandangan dan Pokok-Pokok Pikiran BPD.

“RKPDes sebagai tolak ukur untuk menampung aspirasi masyarakat, sebagai dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan Desa untuk menuntun ke-arah tujuan pencapaian visi dan misi Desa.”pungkasnya

Dalam acara tersebut Kepala Desa Tumale Markus menyampaikan kegiatan pembangunan yang telah terealisasi di tahun 2021. Ia berharap kegiatan yang belum bisa terealisasi di tahun ini bisa terealisasi di tahun 2022.

“Mengapresiasi karena usulan masyarakat yang prioritas termasuk rehab Pustu yang merupakan kebutuhan dasar.” ungkapnya.

Sementara Pendamping Desa Iksan dalam arahannya mengatakan Pembahasan Rancangan RKPDesa 2022 adalah tindak lanjut dari Musdes pembentukan Tim Penyusun, kemudian tim penyusun menyusun rancangan RKPDesa 2022 berdasarkan usulan dari masyarakat dengan berbasis SDGs dan IDM, sehingga di musyawarakan kembali untuk menentukan usulan yg berskala Prioritas.

Beberapa usulan yang menjadi skala prioritas adalah: pembangunan Talud, penguatan Modal Bumdes, penanganan Stunting dll

Liputan : Basnawir