Dinas PUPR Gelar Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

 

Luwu, Kabardedikan.com — Sebanyak 70 peserta calon tenaga kerja konstruksi secara antusias memenuhi ruang aula hotel Borneo Belopa, Rabu (03/11/2021).

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang di terapkan, mereka secara tertib mengikuti materi pembekalan dan pelatihan oleh assesor dari Balai Jasa Konstruksi Makassar.

Ketujuh puluh orang tersebut rencana sekaligus akan mengikuti uji sertifikasi dan kompetensi sebagai tenaga kerja terampil di bidang konstruksi.

Kabid Jasa Konstruksi Dinas PUPR Luwu, Yusuf Kaya, ST yang juga Ketua Panitia kegiatan dalam keterangannya menyebut jika tahun ini sebagai langkah awal, pihaknya baru melaksanakan program pembekalan untuk Tenaga Kerja Konstruksi.

“Kedepan rencananya kita bukan saja pada pembekalan tenaga kerja, tapi juga pelatihan keselamatan kerja dan pengadaan barang jasa”, kata Yusuf.

Sementara, Plt. Kadis PUPR Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT saat sambutan pembukaan acara mengatakan, ada empat alasan yang melatari kegiatan ini di laksanakan.

Pertama, di Dinas yang dipimpinnya, dari enam bidang yang ada, Jasa Konstruksi adalah bidang yang lebih cenderung pada kegiatan non fisik.

“Bidang Jakon ini lebih banyak pada program pendidikan dan pelatihan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang siap pakai”, ungkap kadis Ikhsan.

Lebih lanjut kadis Ikhsan menjelaskan, kegiatan ini juga untuk menjawab tingginya kebutuhan tenaga kerja bersertifikasi di setiap kegiatan konstruksi.

“Tenaga kerja bersertifikat itu ibarat orang yang bisa berkendara. Meski jumlahnya banyak, tapi yg di bolehkan hanya yang memiliki SIM”, kata mantan Kabid Jasa Konstruksi ini.

Ikhsan juga menambahkan, kegiatan pembekalan ini sebagai bentuk pelaksanaan amanat undang-undang tentang Jasa Konstruksi.

Menurutnya, pasal 70 UU Nomor 2 tahun 2017 sangat jelas menyebut jika setiap tenaga kerja yang akan bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja.

“Semoga dengan kegiatan pembekalan ini bisa melahirkan tenaga kerja yang profesional dan handal. Karena hasil pekerjaan yang baik hanya bisa lahir dari karya tanga yang terampil dan terlatih”, ujarnya.

Untuk diketahui, Dinas PUPR Luwu melalui bidang Jasa Konstruksi telah melaksanakan kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi bagi tenaga kerja konstruksi untuk tahun 2021.

Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari..

Sumber  : Mus_95
Foto        : Arin