Percepat Pemulihan Ekonomi, Dinas P2KUKM Luwu Utara Gelar Vaksinasi Pedagang di Pasar Rakyat Tarue: 90 Orang di Suntik

 

LUWU UTARA, KABARDEDIKAN.COM – Untuk upaya mencapai Herd Imunity Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) terus menggelar vaksinasi Corona Virus pedagang pasar rakyat Tarue Desa Buangin Kecamatan Sabbang Selatan, Rabu 27 Oktober 2021.

Pelaksanaan vaksinasi massal para pedagang pasar dan pembeli dilakukan ditiap pasar-pasar di Bumi Lamaranginang jukukan Kabupaten Luwu Utara.

“Hari ini vaksinasi dilakukan untuk pedagang dan pembeli serta masyarakat umum di Pasar Tarue,” sebut Camat Sabbang Selatan Fatmawati Syam.

Dia mengatakan, peserta vaksinasi di Pasar Tarue mencapai 90 orang. Tim yang bertugas adalah tim aparatur Pasar Tarue, Dinas P2KUKM, TNI serta tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Sabbang Selatan.

Mereka (pedagang, pembeli atau masyarakat umum, pelajar dan remaja) menjadi salahsatu prioritas program untuk laju pertumbuhan ekonomi yang sekarang untuk bisa pulih lebih cepat.

” Untuk tujuan percepatan pertumbuhan ekonomi yang sekarang masih berjalan lambat akibat global pandemi corona virus. Dinas P2KUKM Lutra bekerjasama dengan Puskesmas Sabbang serta TNI melaksanakan vaksinasi kepada para pedagang, pembelindan masyarakat umum,” ucap Fatmawati Syam.

Ditempat terpisah Kepala Dinas P2KUKM Lutra, H. Muh Kasrum Patawari mengatakan bahwa, secara bertahap kita akan terus gencarkan untuk melaksanakan program vaksinasi untuk para pedagang di pasar.

” Kita upayakan semaksimal mungkin pasar-pasar rakyat, tradisionil, sentral bisa segera normal kembali dengan vaksinasi ini, tentunya karena segmen ini ada, sehingga Dinas Kesehatan bekerjasama dengan kita,” ujar Kasrum Patawari.

Kasrum yang akrab disapa Petta menambahkan, untuk perihal lokasi vaksin, melalui program vaksin yang diadakan dipasar atau Puskesmas terdekat.

“Memang tidak semua vaksinasi ini dilakukan, karena hanya lokasi pasar yang jauh dari pelayanan kesehatan seperti Puskesmas yang kita datangi langsung,” imbuhnya.

Kepala UPT Puskesmas Sabbang Selatan Sudarmi Idrus menyampaikan bahwa jumlah orang yang divaksin hari ini 90 orang di pasar rakyat Tarue.

” Dari data yang kita punya tentunya masih belum sampai target, karena kita hanya bisa mendukung, sebab leading sektornya Dinas Kesehatan, tentu sesuai alokasi vaksin dari pemerintah pusat. Akan tetapi, kita akan terus berupaya supaya semua pedagang pasar bisa tervaksin dengan sesuai ketentuan dari Dinas Kesehatan,” tandasnya.(yustus)