Pramuka SWK Ranting Koramil 04 Padang Sappa, Bersih-Bersih di World Cleanud Day

LUWU, KABARDEDIKAN.COM – Antisipasi banjir, pasukan Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) binaan Koramil 1403-04 Padang Sappa Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama anggota Pramuka SMK Negeri 13 Luwu gotong-royong bersihkan saluran irigasi di Kelurahan Padang Sappa Kecamatan Ponrang, Minggu 19 September 2021.

Deka Fila dari Pra Saka Wira Kartika (SWK) pada media ini mengatakan bahwa, tujuan pembersihan ini dilakukan atas inisiasi dan kepedulian anggota Pramuka SWK bersama anggota Pramuka SMK Negeri 13 Luwu, untuk menumbuhkembangkan kebersamaan dan kekompakan sesama anggota Praja Muda Karana (Pramuka) di Padang Sappa terkhusus di Kabupaten Luwu.

“Dengan dasar kepedulian, kami kerja bakti membersihkan saluran irigasi dari sampah sebagai salah satu penyebab banjir,” sebut Deka Vila.

Lanjut Deka Vila menjelaskan bahwa, fungsi dari Pramuka itu sendiri selain sebagai wadah organisasi generasi muda, juga sebagai pilar dalam menjaga alam.

Salah satunya yakni perduli dengan kondisi lingkungan yang saat ini semakin mengkhawatirkan. Ditambah dengan musim hujan yang terjadi akhir-akhir ini di Luwu. Pramuka harus sigap dalam mencegah terjadinya bencana alam,” tandasnya.(Ded13yus)