Inilah Sosok Juliaman, Master Recover Mariso

Juliaman, S.Sos Master Recover Mariso


Makassar, Kabardedikan.com — Sejak Danny Pomanto Fatmawati Rusdi dilantik menjabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, program melawan pandemi Covid-19 lebih gencar dilakukan, yang bahkan dengan cara yang ekslusif dan jauh lebih efektif.

Salah satu inovasi Wali Kota dalam memerangi pandemi mematikan ini, ialah dengan mengangkat Master Recover di tiap kecamatan, yang tampil memimpin tim melawan Covid-19.

Untuk wilayah kecamatan Mariso, Wali Kota Danny Pomanto memercayakan sosok Juliaman, S.Sos menjadi Master Recover, didampingi aparat Kepolisian, TNI, Satpol PP dan pejabat Kecamatan Mariso.

Juliaman yang mantan Camat Mariso kota Makassar ini, selalu terlihat tenang dalam menjalankan tugas penting sebagai prajurit terdepan di Mariso dalam melawan pandemi.

Pokoknya semua warga Mariso wajib setiap saat memakai masker, jaga jarak, dan rajin cici tangan. Juga harus patuh pada aturan wali kota atas pembatasan jam opersional usaha yang hanya sampai pada batas jam 22.00 wita setiap hari.

Juliaman adalah putra Bugis yang dilahirkan di Watant Soppeng, 21 Juli 1972. Lulus S1 di Universitas Hasanuddin pada tanggal 29 Agustus 1996 dengan konsentrasi Pendidikan Politik dan Ilmu Pemerintahan.

Juliaman melangkah masuk CPNS pada Tanggal 01 Maret 1997 dengan Formasi Pusat. Saat itu dia ditugaskan di Mawil Hansip Kabupaten Polmas (Sekarang Polewali Mandar).

Pada tahun 2000, dia pindah tugas ke Kota Makassar, dan ditempatkan sebagai staf di Dinas Perumahan Kota Makassar.

Pada tanggal 11 Desember 2002, dia dipercaya sebagai Sekretaris Kelurahan Tidung Kecamatan Rappocini. Pada tanggal 27 Juli 2006, dia mendapat promosi jabatan sebagai Lurah Lalatang Kecamatan Tallo.

Pada tanggal 15 April 2011, Juliaman diberi amanah sebagai Lurah Maricaya Kecamatan Makassar. Dan pada tgl 25 Juli 2012, dia menjadi Lurah Masale Kecamatan Panakkukang

Pada tanggal 23 April 2013, Juliaman dimutasi sebagai Kepala Seksi Pembangunan Taman Dinas Kebersihan Kota Makassar. Namun pada tanggl 04 Februari 2014, dia kembali berkutat di pemerintahan kelurahan sebagai Lurah Maccini Kecamatan Makassar.

Selama dua tahun lebih dia bertugas di Kelurahan Maccini, kemudian kembali kami diberi amanah sebagai Sekretaris Camat Mariso pada tanggal 19 Desember 2016. Di Mariso inilah Juliaman terlihat semakin kreatif bahkan inovatif dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai Sekcam.

Roda yang berputar cukup dinamis, akhirnya membawanya ke posisi sebagai Plt Camat Mariso pada tanggal 08 Juni 2018. Kemudian dilantik sebagai Camat Mariso Kota Makassar pada tanggal 21 September 2018. Ini perjalanan karir yang luar biasa memang kendatipun itu dalam konteks yang situasional.

Prinsip hidup Juliaman dalam nenjalankan amanah sebagai Camat, ialah pengabdian yang tulus kepada bangsa dan negara, dan cinta keluarga.

Bagi Juliaman, keluarga adalah spirit yang kuat dalam pengabdian dan pelayanan untuk orang banyak di tengah-tengah dinamika masyarakat.

Sukses mengabdi karena sukses keluarga, keluarga yang bahagia dan taat ibadah menjadi pemicu semangat dalam berkarir di pemerintahan.
Selamat bekerja pak Juliaman untuk bangsa dan negara.