Antusias Warga Desa Bassiang Menerima BLT DD tahap Pertama Tahun 2021

Kabardedikan.com | Demi mendukung pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19, pemerintah terus berupaya menggulirkan program bantuan salah satunya keberlangsungan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021.

BLT-DD yang target pencapaiannya disalurkan hingga Desember 2021 kini mulai terealisasi.

Seperti di Desa Bassiang Kecamatan Ponrang selatan, Kabupaten Luwu. BLT-DD tahap I sebesar Rp300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM), disalurkan kepada 105 KPM, Senin (03/05/2021).

Di kesempatan tersebut juga, selain penyaluran BLT DD tahap pertama sekaligus pembagian Masker kepada setiap penerima.

Selain Kepala Desa dan Perangkat Desa juga turut hadir dalam kegiatan penyaluran bantuan tersebut, Camat Ponrang selatan Uparuddin,SH, Kapolsek AKP Sadsali bersama kanit intelkam Bripka Asdar, Bhabinkamtibmas Bripka Iwan Antoni, Babinsa Sertu Dediman, Pendamping Desa, BPD dan para kadus.

Kepala Desa Bassiang, Takwasi mengatakan, hari ini kita salurkan menyalurkan bantuan BLT DD tahap I untuk bulan Januari 2021kepada warga miskin yang terdampak covid-19 untuk pemulihan ekonomi.

“Alhamdulilah hari ini kami menyalurkan BLT DD kepada 105 KPM masing-masing Rp 300 ribu,” ujarnya

Lanjut takwasi mengatakan Kita tidak tahu kapan wabah ini akan berakhir, untuk itu kami berharap BLT-DD, yang telah diberikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kepada masyarakat, kami harap jaga kesehatan tetap mematuhi prokes Covid-19,” ujar Kades Takwasi

Pembagian BLT DD tahap pertama ini langsung di sambut antusias masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut

“Dengan adanya bantuan ini masyarakat kami terbantu, yang mana sekarang bulan puasa dimanfaatkan keluarganya untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa dan sahur,” jelas takwasi

Takwasi juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Desa, pihaknya juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.

Selain itu, karena masih dimasa pandemi Covid-19 pihaknya juga selalu memberikan arahan kepada masyarakatnya di setiap keluar rumah agar selalu menggunakan masker, hindari kerumunan serta menjaga jarak

“Kami berharap wabah virus Covid-19 ini agar cepat hilang sehingga bisa memulihkan perekonomian masyarakat akibat adanya wabah tersebut melumpuhkan Negara kita tercinta bahkan Dunia,” pintanya.

Sementara Camat ponrang selatan Uparuddin, SH menyampaikan sesuai hasil Rakor Pemerintah kab.luwu untuk pelaksanaan idul Fitri 1442 H belum ada ketetapan tempat pelaksanaan apakah di bolehkan dimesjid dan lapangan atau tidak, kita masih menunggu informasi selanjutnya.

Pandemi covid-19, kepada warga untuk tetap waspada, hati-hatiki, pakai Ki masker, hindari Ki kerumunan, mudah-mudahan virus covid-19 cepat hilang di muka bumi ini.

Selanjutnya Uparuddin menyampaikan mengingatkan warga agar taat pajak, takilalai pajakta, bayarki pajakta.

“Mudah-mudahan Bantuan berkah kepada keluarga penerima untuk dibelanjakan kebutuhan pokok ditengah pandemi covid-19 disaat bulan puasa ini, jangan Ki belanjakan untuk membeli pakaian.”

kaharuddin, salah seorang penerima manfaat BLT DD ditemui disela-sela penyaluran menuturkan, bantuan yang diterimanya akan dipergunakan atau dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keperluan di bulan puasa ini.

“Alhamdulillah, di bulan puasa ini adanya BLT DD kami sangat terbantu. Uangnya akan kami pergunakan untuk keperluan berbuka puasa dan sahur,” katanya.(Ddea)