Puskesmas Ponsel Menggelar Vaksinasi Tahap Pertama

Luwu,kabardedikan.com || Hari ini pelaksanaan vaksinasi tahap pertama dilakukan Puskesmas Ponrang Selatan yang berada di wilayah IV, kab Luwu berjalan lancar. Kamis (4/2/21).

pemberian vaksin pertama di berikan salah satu dari tenaga kesehatan puskesmas Ponrang Selatan yakni Darwis,S.Kep,Ns.

Vaksinasi tahap pertama ini memang di peruntukan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam memerangi Corona virus disease 2019.

Kepala puskesmas Ponrang Selatan, M. Kasim Katibi,SKM mengatakan sebelum vaksinasi ini kita lakukan terlebih dahulu melewati empat tahapan.

“Tentu tahap pertama itu kita registrasi, kedua screening, ketiga pelaksanaan vaksin dan terakhir proses laporan hasil vaksinasi,” ungkap Kasim

Adapun setelah kita periksa dan hasilnya ada yang tidak sesuai prosedur maka itu tidak bisa kita vaksin.

“Seperti halnya yang memiliki riwayat penyakit jantung, ginjal, paru-paru, gula dan darah tinggi. Ya, intinya semua kita pertimbangkan untuk diberikan vaksin.” ujar kapus ponsel

Jadi tahap pertama vaksinasi ini di peruntukan tenaga kesehatan. Itu dari berbagai profesi seperti perawat, bidang, kesehatan lingkungan, gizi, kepegawaian, administrasi, manejemen, tenaga lapangan, epidemiologi dan surveilance.

“Terakhir ia menegaskan bahwa pemberian vaksinasi jenis sinovac ini, sebenarnya bertujuan untuk kita memberikan imunitas kekebalan tubuh dalam hal untuk mencegah terjadinya penularan virus ke dalam tubuh.” tegasnya

kegiatan vaksinasi tahap pertama dihadiri oleh camat Porang selatan, Uparuddin SH, sekcam Khairuddin, S.Ag, Kapolsek AKP sadlsali kareba dan beberapa unsur desa se kecamatan ponsel.(Gunawan)