Pemdes Padang Kalua Gelar Musdes Penyusunan RKPDesa Tahun 2021

Rapat Musdes Penyusunan RKPDesa Tahun 2021 Desa Padang Kalua, Kecataman Lamasi

Walmas, Kabardedikan.com – Pemerintah Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Padang Kalua, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu menggelar Musdes untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun anggaran 2021, di kantor desa Padang Kalua.

Musdes tersebut dihadiri pula Camat Lamasi, H. Suwarso, Kedes Padang Kalua, Muh. Nasir, Ketua BPD Drs. Hasanuddin dan anggota, Sekdes Rais Tarsan, Babinsa, Kadus, PD Desa, tokoh masyarakat, tokoh pendidik, perwakilan perempuan, Perwakilan Forum Anak Desa, dan Karang Taruna.

Forum Musdes dibuka oleh Ketua BPD Desa Padang Kalua, Drs. Hasanuddin. Ia mengajak masyarakat untuk bisa mengikuti musyawarah dengan penuh konsentrasi dan mendengarkan semua paparan program yang telah dilist pada kegiatan Pra musyawarah sebelumnya. 

“Musdes yang dilaksanakan hari ini dalam rangka Perencanaan Pembangunan Desa untuk penyusunan RKPDesa Tahun anggaran 2021 melalui Musyawarah Desa, dengan tetap berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa,”ucapnya.

Disaat yang sama, dalam Musdes tersebut, Kades Padang Kalua, Muh Nasir melaporkan, bahwa kegiatan yang sudah berjalan pada tahun anggaran berjalan (APBDes 2020) kepada seluruh peserta musyawarah.

Dikatakannya, “Ada beberapa kegiatan yang tidak terlaksana karena anggarannya dialokasikan ke penanganan wabah Covid-19,” paparnya.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, seluruh peserta Musdes menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari Musdes dalam rangka penyusunan RKPDesa tahun anggaran 2021.

Untuk diketahui, forum menyepakati hasil pembahasan RPJMDes dan usulan dari masing-masing masyarakat yang dimulai dari hasil penjaringan gagasan di tingkat Dusun, yang kemudian akan dijadikan bahan masukan pada tahapan selanjutnya.

Program usulan prioritas antara lain, Program jamban keluarga, Pengkrikilan jalan di dusun Padang Kalua Amboli, Pembuatan saluran irigasi di dusun Lempo, Pembuatan drainase di dusun Amboli, Pembuatan plat duicker di dusun Salujambu, Pembuatan talud di dusun Padang Kalua, dan dukungan pengembangan usaha Bumdes melalui pernyataan modal. Liputan : *Adyrman
Editor : Ddea